78 Jum'at, 07 Februari 2014 | 01:27:02

4 Langkah Kecil Untuk Hemat listrik

4-langkah-kecil-untuk-hemat-listrik

Listrik merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, salah satunya untuk peralatan elektronik ruamh tangga. Penggunaan listrik yang terus menerus membuat ketersediaan listrik menipis. Ayo, Lakukan 4 langkah mudah berikut untuk menghemat listrik di rumah Anda.

Efisiensi Lampu
Cara pertama yang dapat dilakukan untuk  memangkas pengeluaran biaya listrik adalah dengan mengganti lampu pijar menjadi lampu hemat energi, seperti LED. Energi 100watt pada lampu pijar setara dengan 5watt lampu LED.

Untuk menerangi suatu ruangan, umumnya LED hanya membutuhkan 0,1watt. Artinya, konsumsi energi yang Anda butuhkan akan terhemat hingga 80%.

Efisiensi Kulkas
Cara kedua menghemat biaya listrik yang Anda dapat lakukan adalah dengan melakukan efisiensi pada kulkas Anda.  Pertama, atur suhu kulkas pada suhu ideal yang berada dikisaran 2–4 derajat Celcius. Sedangkan untuk freezer, atur pada suhu ideal -17 sampai -15 derajat Celcius.

Kedua, sebaiknya ganti kulkas yang sudah tua dengan kulkas baru, karena  kulkas baru dengan standar hemat energi dapat menghemat hingga 20%.

Ketiga, kurangi frekuensi membuka pintu kulkas. Hampir  7% energi akan terbuang jika pintu kulkas terlalu sering atau lama dibuka.

Efisiensi AC
Ketiga, efisien dalam penggunaan AC menjadi cara lainnya dalam menghemat biaya listrik. Cara yang dilakukan adalah dengan mengatur suhu AC pada suhu ideal. Oleh karena itu atur suhu ideal pada kisaran 24–250C. Selain itu, jangan lupa untuk mematikan AC ketika tidak digunakan. Dan rajin-rajinlah membersihkan filter AC setiap dua minggu sekali dan kondensor dan coil AC setiap tiga bulan sekali secara teratur, karena pemborosan energi AC juga disebabkan oleh keadaan AC yang kotor. Dengan dibersihkan secara rutin, listrik akan lebih hemat hingga 15%.

Efisiensi perangkat elektronik
Terakhir, pangkas pengeluaran biaya listrik Anda dengan efisien dalam dalam menggunakkan perkakas elektronik. Matikan semua alat elektronik saat tidak lagi digunakan dan jangan lupa untuk mencabut kabel listrik dari stop kontak saat selesai digunakan. Dan sebaiknya gantilah komputer desktop Anda dengan laptop, karena Screen saver pada layar komputer Anda memakan energi lima kali lebih besar daripada laptop.

(Rivanie Novalia)

Sumber : Tabloid Rumah

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel