42 Rabu, 05 Februari 2014 | 09:38:32

Musim Hujan, Waspadai Serangan Jamur!

musim-hujan-waspadai-serangan-jamur

Perhatikan secara seksama lemari dan furnitur lainnya yang Anda miliki. Apakah ada semacam bercak layaknya ditabur bedak? Jika Anda melihatnya, itu adalah jamur yang biasa tumbuh di furnitur. Apalagi musim penghujan seperti saat ini, jamur tersebut akan cepat berkembang biak. Jamur pada kayu furnitur terbagi menjadi dua jenis, yakni substarte (jamur yang tumbuh di dalam serat jamur) dan jamur permukaan (jamur yang tumbuh di permukaan furnitur). Jika dibiarkan, maka furnitur akan rusak. Maka sebelum jamur meluas, harus segera diatasi.

Salah satu langkah yang bisa ditempuh untuk membasmi jamur furnitur adalah alkohol kadar 70-80 persen. Oleskan kain kering dengan alkohol, lalu oleskan kepada furnitur yang terkena jamur. Alkohol mampu membasmi jamur.  

Jika jamur sudah terlanjur meluas, lap terlebih dahulu dengan kain basah. Kemudian lap dengan kain yang sudah diberi alkohol.

Sementara untuk menyiasati cuaca yang lembab, gunakan alat penyerap lembab dan bau yang banyak dijual di pasaran.

Gunakanlah lampu neon atau tubular lamp (TL) atau lampu Light Emitting Diode (LED). Lampu ini menghasilkan gelombang cahaya serupa dengan ultraviolet.

Bila musim hujan telah usai, jemurlah furnitur satu bulan sekali. Ini bisa mengurangi kesempatan jamur menyerang.

Jika furnitur sudah bersih, perhatikan saat pengembalian barang-barang. Misalkan pada lemari pakaian, pastikan lemari sudah kering.

Beri jarak antara furnitur dengan dinding. Sebab, saat musim hujan dinding cenderung lembab. Seringlah membuka jendela agar udara segar masuk. (rhs)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel