64 Kamis, 30 Januari 2014 | 11:00:51

Cara Mudah Mengecat Rumah

cara-mudah-mengecat-rumah

Memilih warna cat dinding yang tepat bukan perkara mudah. Namun, warna tersebut merupakan unsur penting di dalam rumah. Ketika sudah menemukan palet atau kelompok warna yang Anda inginkan, pekerjaan mendekor rumah pun jadi lebih mudah. Lantas, bagaimana caranya mencari inspirasi dalam memilih warna atau kelompok warna yang tepat tersebut? Setiap orang memang memiliki caranya sendiri, namun Anda bisa mempertimbangkan beberapa cara berikut ini.

Pertama, lihatlah ke dalam lemari baju Anda. Biasanya orang-orang membeli baju dengan warna yang paling disukainya. Jadi, jika baju di lemari Anda umumnya berwarna cerah, mungkin kelompok warna yang juga secerah baju Anda akan cocok. Hindari pula warna-warna yang sama sekali tidak Anda miliki di lemari baju. Warna tersebut kemungkinan tidak Anda suka dan tentu Anda tidak ingin hidup dalam rumah dengan warna tersebut.

Kedua, Anda bisa mencari inspirasi dari bahan pembuat gorden atau bahan pelapis sofa kesukaan. Cobalah mencari warna paling dominan di dalam bahan tersebut. Kemudian, jadikanlah sebagai warna paling dominan di dalam ruangan.

Ketiga, gunakan peraturan 60-30-10. Maksudnya, gunakan warna dominan untuk 60 persen bagian ruangan. 30 persen untuk warna tambahan, dan 10 persen untuk warna aksen. Perhatikan kelompok warna yang sudah Anda pilih dengan menggunakan cara pertama atau kedua. Setelah itu, Anda bisa memilih warna aksen yang melengkapi atau bahkan berkontras dengan kelompok warna pilihan.

Keempat, ingatlah untuk menggunakan warna-warna yang cenderung gelap pada bagian dinding bawah dan pilihlah warna semakin terang pada bagian atas. Pertimbangkan penggunaan warna yang lebih terang dari warna dinding untuk plafon, namun perbedaan warnanya tidak mencolok. Semakin dekat kesamaan warna antara dinding dan plafon, semakin ruangan pun terasa lebih besar.

Melihat dan mencari informasi soal kelompok warna yang sedang tren juga bisa Anda lakukan untuk mencari inspirasi. Namun, jangan sampai kehilangan gaya Anda sendiri ketika mendekor interior rumah. Jangan sembrono mengikuti tren warna saat ini. Jika memang Anda menyukainya, silahkan gunakan. Namun, jika tidak, sebaiknya jangan dipaksakan.

Editor : Hilda B Alexander

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel