127 Selasa, 28 Januari 2014 | 04:52:48

Merawat Taman Pasca Banjir

merawat-taman-pasca-banjir

Kalau pun hanya selutut orang dewasa, banjir tetap membawa kerusakan. Meskipun tidak sampai masuk ke dalam rumah, genangan air tetap merusak pekarangan rumah Anda. Banjir yang melanda Jakarta memang menerjang segala sesuatu yang menghalanginya. Saat mulai surut, kondisi pekarangan pasti berantakan. Untuk itulah, Anda harus merancangnya kembali taman di halaman rumah. Tak cukup hanya membersihkan dari lumpur dan pasir, tapi ada beberapa strategi jitu untuk merawatnya. Khususnya tips untuk menyuburkan tanaman dan menghindarinya dari hama. Simak berikut ini:

Abu
Kembalikan kondisi taman Anda lebih cerah dengan menanam bunga-bunga beraneka warna. Bagi penggemar bunga mawar, Anda bisa gunakan abu batang kayu untuk menyuburkannya. Caranya, taburkan abu pada akar bunga mawar seminggu sekali dan lihat hasilnya! Bila ingin bunga lebih lebat, gunakan air kondensasi AC setiap hari, serta memotong bunga kering.

Kulit pisang
Tumbukkan kulit pisang yang telah Anda simpan beberapa hari juga bisa menyuburkan tanaman bunga Anda. Taburkan tumbukan kulit pisang tiap pagi dan sore.

Vetsin
Selain kedua solusi ini, Anda juga bisa menggunakan vetsin. Taburkan vetsin ke media tanam dan siram dengan air bersih sedikit-sedikit hingga meresap pada media tanam. Ulangi setiap lima hingga tujuh hari.

Agar-agar
Untuk menjaga kesuburan tanaman, sebaiknya Anda menyiram tanaman Anda setiap hari dan sesekali memberinya pupuk. Namun, ada pengganti pupuk yang bisa Anda gunakan. Pengganti pupuk ini relatif murah, yaitu serbuk agar-agar. Anda hanya memerlukan air panas, air dingin, dan serbuk agar-agar.

Caranya juga mudah. Ambil satu sampai dua sendok makan serbuk agar-agar. Larutkan dalam segelas air panas. Setelah larut, tambahkan sedikit demi sedikit air dingin sebanyak tiga gelas. Aduk rata. Setelah larutan siap, segera siramkan pada tanaman di rumah Anda. Berikan seminggu sekali. Selain agar-agar, Anda juga dapat menggunakan sisa-sia obat di rumah Anda untuk menyuburkan tanaman.

Sirih dan oli
Selain merawat, Anda juga harus membantu tanaman Anda "melawan" hama. Untuk membasmi ulat pohon, campurkan kapur sirih dan oli dengan perbandingan 1:1. Ambil sesendok-sesendok dan bungkus dengan daun pisang. Ikatkan bungkus-bungkus daun pisang pada batang pohon Anda.

Cabai
Gunakan juga campuran cabai merah keriting yang dihaluskan dengan blender dan 600 ml air. Jemur campuran ini di bawah terik matahari. Saring, dan masukkan larutan cabai ke botol spray. Kini Anda punya pestisida buatan Anda sendiri.

Editor    : Latief
Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel