84 Senin, 27 Januari 2014 | 10:39:10

Cara Kilat Membersihkan Apartemen

cara-kilat-membersihkan-apartemen

Penghuni apartemen umumnya merupakan pribadi sibuk yang bekerja di pusat kota. Mereka tidak memiliki cukup banyak waktu untuk bersantai, apalagi membersihkan apartemen. Sebenarnya, ada kunci efektif membersihkan dan membereskan apartemen tanpa memakan banyak waktu. Berikut ini caranya.

Pertama-tama, sediakan alat dan bahan pembersih yang dibutuhkan. Bahan-bahan pembersih yang dimaksud adalah larutan pembersih cucian piring, pembersih permukaan sebaguna, dan pembersih kaca. Sediakan pula alat-alat pembersih seperti squeegees atau penyapu air untuk membersihkan jendela, lap, sapu, dan pel jika dibutuhkan. Beberapa apartemen menggunakan lantai karpet. Jadi, Anda tentu tidak membutuhkan kain pel. Jangan lupa, sediakan pula spons, kantung sampah, pembersih vakum, dan kemoceng.

Meski tampak sederhana, alat dan bahan yang tepat mampu menghemat banyak uang dan waktu. Gunakan sabun dan pembersih yang terbukti ampuh, meski relatif lebih mahal. Untuk cucian piring, pastikan sabun tersebut mampu melunturkan lemak. Sementara itu, untuk membersihkan jendela, gunakan penyapu air. Hindari lap yang bisa membekas di jendela.
 
Kedua, sediakan waktu sehari saja karena Anda akan melakukan pembersihan total setelah apartemen lama tidak tersentuh.
 
Kemudian, mulailah dengan kerja keras. Jika Anda benar-benar tidak pernah membersihkan apartemen, debu dan kotoran tentu menumpuk. Mau tidak mau, Anda perlu membersihkan apartemen dengan menyeluruh. Bersihkan debu yang menumpuk di saluran udara, sekitar jendela, kipas angin di plafon, dan di bawah furnitur Anda. Bila perlu, Anda sortir isi lemari es di rumah dan memastikan tidak ada makanan busuk yang Anda simpan di dalamnya. Bersihkan juga semua cucian piring di apartemen Anda dan cucian baju.

Jika Anda benar-benar tidak punya waktu atau enggan berurusan dengan kotoran menumpuk, bisa meminta bantuan profesional untuk membersihkan apartemen Anda. Ketika menyewa tenaga profesional perhatikan produk yang mereka gunakan, dan pelajari cara mereka membersihkan rumah. Ingat-ingat dan lakukan hal tersebut ketika membersihkan apartemen.

Setelah apartemen Anda sudah bersih, kini tiba waktunya menjaga kebersihannya. Caranya mudah, intinya adalah "mencicil" semua pekerjaan. Mulailah dari membersihkan piring dan alat memasak segera setelah makan, mencuci baju setiap hari, dan memastikan barang-barang berada di tempatnya setiap malam.

Jangan lupa, lakukan juga hal-hal sederhana ini. Sediakan keranjang cucian agar Anda tidak perlu "menyebar" pakaian yang sudah digunakan setiap malam di lantai tempat tidur. Setiap pagi, bereskan tempat tidur agar kamar tampak rapi. Lap permukaan dalam kamar mandi, terutama bagian-bagian stainless steel dan kaca yang mudah memiliki bercak air. Selain itu, bersihkan permukaan countertopdengan pembersih serbaguna setiap habis memasak.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel