154 Selasa, 21 Januari 2014 | 03:06:35

Mencegah dan Memperbaiki Kebocoran Atap

mencegah-dan-memperbaiki-kebocoran-atap

Atap adalah salah satu sumber kebocoran yang paling sering terjadi. Akan tetapi, kadang kita sulit menemukan sumber kebocorannya. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal. Kebocoran genteng, rusaknya sambungan, sampai kerusakan pada bubungan atap. Jika kerusakan terjadi pada atap, berikut ini adalah cara untuk memperbaiki dan mencegah terjadi kebocoran lagi.

Komposisi adonan semen yang tepat
Di bagian dalam jurai luar, nok, atau bubungan terdapat lapisan semen sebagai pengisi. Anda perlu memperhatikan komposisi campuran semen tersebut agar tak muncul rembesan air. Komposisi semen dan pasir yang direkomendasikan yakni sekitar 1:4.

Gunakan jasa dari tukang berpengalaman
Mintalah saran dan tenaga tukang yang mahir. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan hasil pekerjaan finishing bagian atap yang lebih rapi dan minim terjadi kebocoran.

Pastikan genting kerpus dalam keadaan baik, tidak pecah
Ada baiknya Anda memeriksa  dengan teliti keadaan genting yang terpasang. Anda harus memastikan genting dalam keadaan baik, tak ada retak. Satu titik bisa jadi sumber kebocoran masuk rumah Anda. Genting bekas tidak masalah asalkan masih dalam kondisi yang baik. Lakukan finishing ulang agar genting jadi berfungsi maksimal.

Aplikasikan pelapis kedap air
Untuk menyiasati retak rambut di dalam struktur, sebaiknya Anda melapisi bubungan dengan kombinasi adonan semen dan waterproof. Hal ini membantu menghambat aliran air ke dalam celah kerpus. Aplikasikan waterproof yang mengandung bahan anti UltraViolet (UV) agar lapisan tak mudah rusak akibat panas matahari.

Sisipkan material tahan air di bagian dalam bubungan
Selain memberikan lapisan anti air di bagian luar, ada baiknya Anda melakukan tindakan pencegahan dengan memberikan lapisan tambahan berupa material waterproof di bawah bagian bubungan. Misal karpet, keramik lapping , atau seng. Lapisan ini berfungsi sebagai antisipasi kebocoran bila genting dan adonan semen tidak berfungsi baik dalam menghalau aliran air.

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel