110 Selasa, 21 Januari 2014 | 02:52:35

Tips Membasmi Rayap

tips-membasmi-rayap

Tak hanya banjir. Musim hujan juga mengundang datangnya serangga, khususnya rayap. Mereka akan masuk ke rumah Anda, mencari lokasi-lokasi yang hangat untuk "tinggal". Di musim basah dan lembab seperti saat ini, rayap "bekerja" sepanjang hari. Mereka akan terus memakan kayu-kayu di rumah Anda. Beruntung, rayap merupakan pemakan yang lamban. Maka, masih ada banyak waktu untuk Anda membasminya di saat mereka baru mulai menggerogoti rumah Anda perlahan-lahan. Simak caranya:

Hilangkan sumbernya
Langkah pertama adalah langsung mencari sumber utamanya, yaitu kayu, yang menjadi makanan empuknya. Anda harus pastikan kayu di rumah tidak lembab. Bau kayu lembab akan menarik daangnya rayap. Selain itu, jaga jangan sampai kayu-kayu di rumah tidak memiliki kontak dengan tanah.

Bahan kimia
Untuk membasminya, Anda bisa menggunakan bahan kimia termisida. Anda hanya perlu menyemprotkannya langsung ke sarang dan kayu-kayu yang sudah diserangnya. Memang, bahan kimia ini sangat ampuh. Namun, Anda harus waspada karena termisida juga berpotensi merugikan kesehatan Anda. Karena itu, gunakan dahulu pilihan lain sebelum menggunakannya.

Puntung rokok
Cara lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan puntung rokok. Rendam 10 batang puntung rokok ke dalam dua gelas air dan setengah sendok makan garam. Biarkan larutan itu semalaman. Setelah itu, saring larutan dan masukkan dalam alat penyemprot. Semprotkan pada bagian kayu yang terserang rayap.

Dedaunan
Selain tembakau dari puntung rokok, Anda juga bisa menggunakan daun pepaya dan daun sirih. Masukkan daun pepaya dan daun sirih ke dalam blender dengan perbandingan 2:1, dua untuk daun pepaya dan satu untuk daun sirih. Tambahkan air secukupnya.

Setelah lembut, saring airnya. Tambahkan air hasil saringan dengan alkohol 70 persen dengan perbandingan 2:3. Masukkan dalam alat penyemprot, kemudian semprotkan pada bagian kayu yang terserang rayap.
Selamat membasmi rayap!

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel