109 Senin, 20 Januari 2014 | 10:51:21

Siapkah Tangga Kayu Anda Hadapi Banjir?

siapkah-tangga-kayu-anda-hadapi-banjir

Hujan deras yang terus melanda ibukota dengan intensitas yang tinggi, membuat sejumlah wilayah di Jakarta mengalami banjir. Banjir yang menggenangi rumah tidak hanya menyisakan sampah dan lumpur, banjir juga merusak perabotan rumah, terutama furnitur yang terbuat dari kayu.

Furnitur yang terbuat dari kayu memang sangat rentan rusak jika terendam air. Inilah yang menjadi salah satu kelemahan dari furnitur kayu. Salah satu furnitur yang biasanya terbuat dari kayu adalah tangga. Bayangkan jika tangga kayu Anda reyot atau rusak karena terendam banjir.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan, agar tangga kayu di rumah tetap kokoh selama banjir. Berikut caranya yang dilansir dari interiorholic.

Pertama, membersihkan tangga kayu sebenarnya tidak perlu menggunakan banyak air. Yang harus Anda gunakan untuk membersihkan tangga kayu adalah dengan spons yang lembab, setelah itu keringkan tangga menggunakan handuk.

Kayu sangat tidak tahan dengan kelembaban. Jika terlalu lembab, tangga kayu Anda akan ditumbuhi jamur. Kelembaban rata-rata kayu tidak boleh lebih dari 60 persen.

Kedua, perawatan lainnya untuk tangga kayu yaitu mengecatnya sekali seminggu. Sebaiknya pilihlah cat yang berkualitas dari bahan yang alami seperti dari lilin Carnauba atau lilin nabati. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko cat di kota Anda. Cat ini memberikan kilau mewah yang baik untuk produk kayu. Selain itu cat ini juga tidak beracun.

Ketiga, kualitas vernis kayu. Minyak jeruk adalah vernis terbaik untuk kayu. Minyak ini memiliki keunggulan yaitu tahan terhadap semut, kumbang dan serangga perusak kayu lainnya.

Selain beberapa cara di atas, ada pantangan yang tidak boleh Anda larang. Yaitu menggunakan sepatu berhak tinggi pada tangga kayu. Tangga kayu diciptakan tidak untuk itu, karena tentu akan merusak permukaannya. Selain itu, usahakan jangan menyeret koper di atas tangga kayu. Karena juga dapat merusak permukaan tangga. (rhs)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel