67 Senin, 13 Januari 2014 | 05:48:20

Banjir, Musuh Utama Furnitur!

banjir-musuh-utama-furnitur

Banjir adalah ancaman utama bagi perabot atau furnitur kayu. Tapi, awas, jangan terburu-buru membuang perabotan kayu Anda setelah terendam banjir. Ada cara untuk menyelamatkan perabotan kayu di rumah Anda. Apalagi jika perabotan kayu itu terbuat dari kayu utuh. Sayang kalau harus lantas dibuang! Simak caranya berikut ini:

Mayones
Setelah menyelamatkan perabotan kayu Anda, bersihkan perabotan tersebut di bawah air mengalir sambil disikat menggunakan detergen. Lakukan lumpur luntur dari permukaan perabot. Setelah itu, biarkan kering, dan oleskan mayones tanpa rasa. Terakhir, gosok dengan kain katun.

Rangka
Beberapa perabot kayu, seperti kursi, meja, dan tempat tidur biasanya terbuat dari rangka sambungan. Maka, pisahkan dahulu rangka-rangka tersebut agar lebih mudah dibersihkan. Setelah itu, lap perabot kayu menggunakan kain lembut. Jika menemukan noda yang sulit dihilangkan, gunakan lap berbahan karet. Setelah benar-benar kering, sambung kembali rangka perabotan tadi.

Jamur
Kondisi lembab membuat perabot kayu mudah dimakan rayap. Untuk itu, membiarkan perabot benar-benar kering sebelum menyatukan bagian-bagiannya merupakan salah satu cara menghindari perabotan dari kelembaban dan jamur. Kelembaban mampu menimbulkan bintik-bintik pada batang kayu. Bintik tersebut dapat Anda hilangkan dengan menggunakan cairan anti jamur yang tersedia di toko bahan bangunan.

Jamur bintik-bintik putih juga dapat dibersihkan dengan terpentin atau campuran amonia dan air. Lap hingga kering. Restorasi kayu dengan krim khusus dan lanolin juga akan membantu memulihkan mebel kayu.

Mengkilap
Selain jamur, kayu yang kusam akibat terendam banjir dapat Anda kembalikan kilaunya. Caranya adalah dengan menggunakan minyak kemiri. Ambil kemiri, tumbuk sampai halus. Bungkus kemiri dengan air bersih, remas hingga minyak kemiri muncul dari pori-pori kain. Gunakan minyak tersebut untuk mengolesi dan menggosok perabot kayu.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel