731 Kamis, 09 Januari 2014 | 04:39:00

Hindari Air Hujan Tampias dari Balkon

hindari-air-hujan-tampias-dari-balkon

Salah satu masalah yang terjadi ketika hujan turun, masuknya air ke dalam rumah, baik melalui atap yang bocor maupun lewat balkon yang tergenang akibat tampias hujan.

Solusi Cepatnya

Jika Anda mengalami kasus balkon yang tergenang hujan hingga air tampias memasuki ruangan dalam dan Anda kesulitan membongkar fondasinya, Anda bisa menguranginya dengan melakukan hal-hal berikut ini.

  • Gunakan kerai yang tersusun rapat untuk mengurangi tampias yang masuk ke dalam balkon. Anda juga bisa  memanfaatkan tanaman rambat sebagai alternatif.
  • Sematkan kain di celah-celah kusen jendela dan pintu balkon untuk mencegah air tampias masuk ke rumah.

Pencegahan

  • Teritisan minimal 1 meter. Untuk menghindari balkon dari tampias, buatlah teritisan yang lebih panjang, yaitu 1m hingga 1,2m diukur dari pertemuan antara atap dan kolom pada balkon.
  • Kemiringan lantai dan saluran pembuangan. Balkon biasanya dilengkapi dengan saluran pembuangan air, sehingga lantainya perlu dibuat lebih miring 10 atau sekitar 1-2cm dari ketiga titik menuju lubang pembuangan. Selain itu, lubang pembuangan airnya harus rutin dibersihkan dari sampah atau daun gugur agar aliran air lancer ke pembuangan.
  • Ruang dalam dibuat lebih tinggi 5cm daripada balkon. Jika hujan begitu lebat, balkon pun akan tergenang. Untuk mencegah masuknya air ke dalam rumah, buatlah level lantai ruang dalam kurang lebih 5cm lebih tinggi dari lantai balkon. Hal ini dapat mencegah air masuk ke dalam dan tidak mengganggu tampilan luar rumah.


( Gusti Ayu Made Maharani )
Sumber : Tabloid Rumah

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel