76 Rabu, 25 Desember 2013 | 01:44:41

Beda Bahan Furnitur, Beda Cara Merawatnya

beda-bahan-furnitur-beda-cara-merawatnya

Furnitur merupakan salah satu penunjang interior rumah Anda. Tidak hanya dari kayu, ada beberapa jenis material yang digunakan sebagai bahan furnitur. Merawat furnitur agar tetap awet memang tidak mudah. Satu hal yang harus Anda ingat, perawatan tiap furnitur dengan material berbeda itu tidak sama. Pada dasarnya, furnitur terbuat dari tiga jenis material. Ada yang dari vinyl, kayu solid, dan kulit. Ingin tahu bagaimana merawat furnitur dengan ketiga jenis material ini?

Berikut tipsnya dari Produsen Furnitur sekaligus Mantan Ketua Asosiasi Meubel dan Kerajinan Rotan Indonesia (AMKRI), Hatta Sinatra, Rabu (25/12/2013).

Furnitur dengan berbahan vinyl memang membutuhkan perawatan ekstra. Jika Anda ingin furnitur berbahan vinyl ini tetap awet, sebaiknya Anda menghindari menempatkannya di tempat yang lembab atua tergenang air.

Jika furnitur ini terkena air maka catnya akan mudah mengelupas. Dan untuk memperbaikinya juga tidak mudah. Harus benar-benar orang yang paham mengenai furnitur. Sayangnya, kebanyakan furnitur dengan konsep kontemporer zaman sekarang banyak terbuat dari bahan vinyl ini. Karena harganya yang tergolong murah, namun kualitasnya lebih rendah dibanding material lainnya.

Furnitur dengan material kayu solid memang cenderung lebih mahal. Namun, semuanya itu sebanding dengan kelebihan yang dimiliki material ini. Selain perawatannya lebih mudah, daya tahannya juga lebih bagus bahkan ada yang mencapai seumur hidup.

Yang harus Anda hindari adalah jangan menaruh furnitur berbahan kayu solid ini di tempat yang rawan terkena air (tampias). Cara membersihkannya Anda cukup menyemprotkan cairan pembersih mebel yang sekarang banyak dijual di toko-toko mebel.

Terakhir, untuk furnitur berbahan dasar kulit perawatannya memang lebih khusus. Setidaknya, dua kali dalam setahun furnitur kulit seperti jok kursi Anda harus diolesi krim atau pelembab khusus furnitur. Ini bertujuan menghaluskan permukaan dan menghindari pengelupasan kulit pada jok kursi. (wdi)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel