85 Rabu, 25 Desember 2013 | 09:23:14

Hati-Hati, Kurang Cahaya di Rumah Memicu Stres

hati-hati-kurang-cahaya-di-rumah-memicu-stres

Ruangan yang gelap dan lembab dipercaya dapat memicu stres. Tahukah Anda ruangan yang memiliki banyak cahaya alami dipercaya bisa menurunkan kadar stres? Banyak fakta yang mendukung kalau manusia itu lebih mampu bertindak, merespon dan merasa lebih tenang jika berada diruangan yang disinari cahaya.

Membuat rumah lebih terang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Menggunakan cahaya buatan seperti lampu atau memperbanyak jendela untuk memperbanyak masuknya cahaya. Dilansir dari freshome, Selasa (24/12/2013) berikut tips untuk membuat rumah menjadi lebih terang.

Pertama, yang harus Anda lakukan adalah berjalan ke sekeliling rumah Anda. Untuk apa? Ini berguna untuk mencari dimana asal titik-titik gelap dari rumah Anda. Apakah itu di kamar mandi, ruang tengah atau bahkan ruang keluarga. Atau bisa saja tanpa Anda sadari 'kegelapan' dirumah Anda bersumber dari warna cat dan furnitur dirumah. Setelah ditemukan sumbernya, Anda dapat menentukan apakah ingin menambah jendela atau ingin mengganti interior dirumah dengan warna yang lebih ringan.

Kedua, kreasikan warna netral dan putih dalam dekorasi. Jika Anda menginginkan suasanya yang hangat pada rumah, warna-warna seperti coklat espresso, kulit unta, abu-abu jamur, dan warna karat merupakan warna yang tepat. Warna-warna ini akan tampak manis bilan diaplikasikan dengan lantai kayu gelap, pintu, dan mebel kayu.

Ketiga, hapus langit-langit gelap rumah Anda. Meski langit-langit yang dicat dengan warna gelap menimbulkan kesan dramatis dalam ruangan, namun warna ini juga membuat seolah-olah Anda tinggal didalam gua. Pasang sebuah lampu 'tersembunyi' pada langit-langit agar ruangan Anda terlihat lebih cerah.

Keempat, agar dapur menjadi lebih terang, Anda dapat memadukan furnitur yang berwarna ringan dengan lantai dapur yang berwarna berat. Percaya atau tidak, dengan dapur yang lebih terang dan memiliki banyak cahaya akan membuat kegiatan memasak Anda menjadi lebih optimal.

Kelima, hanya kamar tidur yang boleh gelap. Siapa yang mau tidur dikamar dengan cat dan lampu yang mencolok? Untuk yang satu ini, kamar tidur merupakan sebuah pengecualian. Di kamar tidur warna gelap dapat diaplikasikan pada furnitur, lantai, dinding dan aksesoris. Namun, jika Anda menginginkan suasana yang sedikit dramatis, menambahkan siluet lampu meja yang bercahaya lembut merupakan cara yang tepat.

Keenam, menambahkan beberapa lampu pada lemari pakaian. Bagaimana mungkin Anda bisa memilih baju dalam suasana gelap gulita? Tambahkan beberapa lampu gantung didalam ruangan ditempat Anda menyimpan pakaian. Atau, menambah jendela dalam ruangan juga merupakan cara yang tepat. Cara ini juga memang lebih hemat energi ketimbang Anda menggunakan lampu sebagai sumber pencahayaan.  (nia)    

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel