86 Selasa, 24 Desember 2013 | 10:46:52

Bereskan Masalah Tanpa Buka Pipa

bereskan-masalah-tanpa-buka-pipa

Saluran pembuangan air yang pampat bisa bikin repot. Air sink menggenang, bahkan bisa luber. Jika dibiarkan, bukan tak mungkin sisa makanan dan lemak menempel di sink membuat jorok, dan tak sehat tentunya. Biasanya Anda memilih cara yang gampang untuk mengatasinya, yaitu membiarkan air surut. Kemudian sambungan pipa di bawah sink dibuka dan dibersihkan. Sebenarnya cara ini merepotkan dan memakan biaya serta waktu.

Ada yang lebih praktis dan cepat sebetulnya. Tak perlu membuka pipa, cukup dari atas lubang saluran pembuangan. Langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Buka saringan pembuangan. Kemudian masukan cairan pembersih atau bubuk soda api ke dalam saluran pembuangan. Jika menggunakan cairan pembersih, maka gunakan takaran sesuai aturan yang tertera pada kemasan. Bila menggunakan soda api, maka masukkan 5-10 bungkus kecil soda api ke dalam lumbang pembuangan. Diamkan selama 5-15 menit.
  • Bilas dengan air panas sebanyak 1-2 liter agar sisa makanan dan lemak yang menempel di dalam pipa rontok.
  • Untuk membuat saluran semakin lancar, masukkan bor kawat besi ke dalam saluran pembuangan sesuai kedalaman yang diinginkan. Kencangkan pengunci lempengan bor kawat besi agar tetap stabil sewaktu digunakan. Putar bor kawat besi searah jarum jam selama 5-15 menit hingga sisa makanan dan lemak hilang. Cabut kawat besi tersebut. Kemudian cuci kawat besi dengan air bersih hingga sisa makanan dan lemak hilang. Setelah kawat besi itu benar-benar bersih, gulung kembali.

Setelah seluruh proses berakhir, maka lakukan uji coba kelancaran saluran. Buka keran, dan biarkan air memenuhi sink. Amati yang terjadi, jika air mengalir lancar, maka bisa dipastikan saluran air kembali lancar. Anda pun tak perlu lagi membuka atau membongkar pipa secara keseluruhan atau sebagian.

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel