211 Senin, 09 Desember 2013 | 03:11:53

Cara Membersihkan Jendela yang Benar

cara-membersihkan-jendela-yang-benar

Bagaimana cara membersihkan jendela yang benar? Kebersihan jendela merupakan salah satu faktor yang perlu dijaga karena mempengaruhi keindahan rumah secara keseluruhan. Jendela yang bersih tentu akan mempermanis tampilan rumah, baik saat dilihat dari luar maupun dari dalam. Namun, ada saja hal-hal yang bisa mengotori jendela setiap saat. Mulai dari debu, sidik jari tangan, goresan, asap, hingga jamur. Terlebih, permasalahan jendela pun bukan hanya pada kaca yang kotor saja, tetapi ada kusen kayu yang mudah terkena jamur serta gorden kain yang menjadi sarang debu.

Berikut ini contoh-contoh masalah kebersihan yang bisa terjadi pada jendela rumah Anda beserta solusi bagaimana cara mengatasinya :

Masalah : Muncul bintik-bintik noda di kaca jendela setelah dicuci.
Solusi    : Gunakanlah alat pembersih jendela yang dilengkapi dengan karet halus pada bagian ujungnya atau menggunakan koran bekas untuk membersihkannya. Lakukanlah pembersihan kaca setahap demi setahap. Hindari mengelap kaca saat terkena matahari langsung karena cairan pembersih yang digunakan di permukaannya akan lebih cepat mengering dan menimbulkan bekas. Pagi dan sore hari merupaka waktu yang tepat untuk membersihkannya.

Masalah : Gorden menjadi sumber debu dan kotoran yang menempel di jendela.
Solusi    : Sering-seringlah mencuci gorden dengan sabun antiseptik. Sedangkan untuk menghindari debu yang menempel di permukaan kaca, Anda bisa menyemprotkan cairan antistatik pada kaca jendela setelah Anda selesai membersihkannya.

Masalah : Ada jamur yang tumbuh di kusen jendela.
Solusi    : Pertama-tamu usap permukaan kusen dengan menggunakan campuran air deterjen. Kemudian basuh dengan memakai campuran deterjen dan pemutih dengan perbandingan 1 : 2. Sikat perlahan-lahan sampai jamur yang berupa bintik-bintik hitam tersebut mulai menghilang. Lalu biarkan selama sepuluh menit. Terakhir, bilas dengan air bersih.

Masalah : Kaca jendela bagian luar mudah kotor.
Solusi    : Tambahkan lapisan lilin yang biasa digunakan untuk lantai pada permukaan kaca. Lapisan ini memungkinkan kotoran tidak mudah menempel. Teknik ini juga bisa diterapkan untuk melindungi kusen jendela.

Masalah : Kaca jendela rumah bagian dalam cepat kotor.
Solusi    : Apabila hal ini terjadi di ruang interior yang memasang AC, bersihkan filter AC secara rutin. Interior rumah modern biasanya cenderung lebih banyak mengandung kotoran, debu, dan partikel lainnya apabila sistem filtrasi di rumah tidak sempurna.

Masalah : Ada noda di kaca jendela yang ditimbulkan oleh asap rokok
Solusi    : Cuci kaca jendela dengan bantuan cairan pembersih kaca yang beraroma lemon. Cairan yang mengandung amonia ini sangat efektif untuk menghilangkan noda bekas rokok dan aroma lemonnya membuat rumah menjadi segar.

Sumber : Arafuru

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel