120 Senin, 09 Desember 2013 | 03:01:14

Cara Membersihkan AC yang Benar

cara-membersihkan-ac-yang-benar

Tahukah Anda, menyalakan AC yang bersih jauh lebih menghemat listrik daripada Anda menggunakan AC kotor? Hal ini dikarenakan komponen elektronika di dalam AC bersih mampu bekerja lebih efisien. Ditambah apabila kita selalu menjaga kebersihannya, juga akan meminimalisir kemungkinan terjadinya kerusakan pada mesin AC. Kebanyakan orang membutuhkan waktu setidaknya empat jam untuk membersihkan keseluruhan bagian AC. Oleh karena itu, Anda harus rutin membersihkannya sebelum kotoran yang menempel sudah terlalu banyak.

Ada dua komponen utama yang bisa dibersihkan dari AC, yaitu komponen bagian dalam dan luar. Untuk membersihkannya, Anda bisa memulainya dari komponen bagian luar. Bagian ini biasanya disebut dengan istilah kompresor atau kondensor. Bentuk fisiknya persegi atau bulat dan terletak pada sisi yang menempel di dinding. Sedangkan unit bagian dalam adalah evaporator, di mana komponen ini terhubung langsung ke terminal mesin.

Langkah-langkah Membersihkan AC :

Pertama-tama pastikan AC sudah terputus dengan aliran listrik. Selanjutnya, perhatikan dinding di sekitar AC untuk mengetahu apakah ada lumut yang tumbuh di sana. Keberadaan lumut mampu merusak komponen AC bagian dalam. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan dinding di sekitar AC juga.

Sekarang waktunya Anda mulai membersihkannya. Coba baca kembali buku manual yang disertakan saat Anda membeli AC tersebut untuk mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Pertama-tama, awalilah dengan menyapu debu yang menempel di permukaan AC. Untuk debu yang membandel, Anda bisa menghilangkannya dengan bantuan sikat gigi berbulu halus. Jangan lupa untuk menyikat kotoran di permukaan bagian atas unit, selalu berhati-hatilah. Selain menggunakan air bersih, Anda bisa memakai bantuan cairan pembersih kaca atau cairan yang khusus untuk membersihkan AC. Setelah bagian ini dirasa sudah cukup bersih, langkah berlanjut pada pembersihan di kumparan dan kipas. Perhatikan, apabila selama dalam proses pembersihan Anda menemukan kebocoran, panggilah tenaga profesional untuk mengatasinya.

Setelah bagian luar bersih, pembersihan berlanjut ke bagian dalam. Sekedar informasi bahwa pembersihan bagian ini adalah yang tersulit, karena memiliki struktur yang rumit dan butuh keahlian tersendiri. Oleh karena itu, kami tidak menyarankan Anda melakukan pembersihan bagian ini sendiri. Cobalah dua atau tiga tahun sekali, Anda meminta bantuan tenaga profesional untuk membersihkannya. Langkah selanjutnya adalah pembersihan pada bagian filter udara. Fungsinya adalah untuk mendapatkan udara masuk yang bersih dan segar. Apabila sudah terlalu kotor, Anda bisa menggantinya dengan filter yang baru.

Langkah terakhir adalah pemeriksaan kondensasi yang terletak di dekat terminal. Pastikan bahwa aliran tabung tidak tersumbat. Adapun cara membersihkan tabung ini, Anda bisa menggunakan campuran sabun dan air dengan perbandingan 1 : 16, lalu tuangkan cairan ini ke dalam tabung. Bisa juga dengan menggunakan bantuan tongkat atau suatu benda panjang untuk membantu menggosok permukaan bagian dalam.

Selamat mencoba.

Sumber : Arafuru

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel