658 Jum'at, 06 Desember 2013 | 02:22:42

Tips Memilih Taplak Meja

tips-memilih-taplak-meja

Menghias ruangan dengan aksesoris berupa taplak meja mampu menambah kecantikan di dalamnya. Furnitur meja yang umumnya terlihat kaku, bisa dihidupkan hanya dengan penutup kain yang satu ini. Apalagi sekarang motif yang ada di pasaran pun banyak sekali. Sehingga kita lebih mudah mengkreasikannya dengan gaya yang sesuai dengan selera.

Taplak meja, selain berguna sebagai penghias, juga mampu melindungi furnitur yang dipasanginya. Noda dan tumpahan minuman/makanan akan tertahan oleh aksesoris ini dan tidak mengenai furnitur meja Anda. Taplak meja juga mampu menyembunyikan kekurangan yang ada di suatu furnitur. Misalnya saja bagian permukaan meja ada yang hangus terkena rokok, maka Anda cukup menutupnya sehingga kerusakan ini tersembunyikan.

Selain berupa kain, taplak meja juga ada yang terbuat dari bahan-bahan yang lain. Seperti sulaman, anyaman, dan sebagainya. Bentuknya pun bermacam-macam. Ada yang persegi panjang, kotak, lingkaran, maupun oval. Semakin unik model taplak meja yang Anda pilih, maka akan semakin kuat pesona yang ditimbulkan olehnya.

Bagi sebagian orang, beranggapan bahwa taplak meja hanya cocok ditambahkan pada ruangan bergaya klasik dan tradisional. Nyatanya, konsep modern dan minimalis pun akan lebih sempurna jika memanfaatkan aksesoris ini. Khususnya untuk taplak meja berdesain unik dan terbuat dari kerajinan tangan.

Dalam konteks yang lebih luas, taplak meja bahkan tidak hanya berfungsi menjadi penghias meja saja. Tetapi memiliki fungsi lain, di antaranya sebagai pengganti karpet, partisi ruangan, sampai sarung bantalan kursi. Bahkan di luar negeri, taplak meja pun umum menjadi pembungkus kotak hadiah.

Pada dasarnya, pemilihan taplak meja cenderung mudah. Sebab selain pilihannya banyak yang menarik, taplak juga hanya berfungsi sebagai aksesoris. Artinya, keberadaannya adalah untuk melengkapi furnitur sebagai komponen utama desain.

Simak tips berikut :

1. Menimbang Ukuran yang Sesuai
Sebagai pemanis meja, akan terlihat lucu jika taplak yang dipilih terlalu kecil atau malah kebesaran sehingga menutupi meja. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui ukuran meja dengan benar. Setelahnya, Anda bebas menentukan seberapa luas taplak yang akan dipilih nantinya.

2. Menyesuaikan dengan Anggaran yang Dimiliki
Harga menjawab kualitas. Taplak yang berharga mahal pasti memiliki kualitas dan motif yang indah. Namun, harga taplak meja yang rumah pun tak kalah saing dengan pesona yang dimiliki oleh taplak mahal. Kuncinya adalah kembalilah pada konsep tema ruangan awal yang hendak dibangun. Jangan sampai taplak yang dipilih melenceng jauh, meskipun motifnya terlihat indah.

3. Taplak Meja yang Menjuntai
Tren saat ini yang sedang berkembang di dunia taplak meja adalah membiarkan bagian tepinya menjuntai ke bawah. Ada yang berupa sisi kain utuh maupun rumbai-rumbai. Dengan teknik ini, kesan anggun pada sebuah meja bisa lebih didapatkan.

Sumber : Arafuru

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel