86 Selasa, 03 Desember 2013 | 10:20:33

Membersihkan Mebel Kayu

membersihkan-mebel-kayu

Kayu masih jadi pilihan favorit untuk furniturdi rumah. Namun, Anda juga perlu memperhatikan bagaimana cara merawatnya. Berikut ini beberapa tips penting mengembalikan furnitur kayu yang bernoda jadi terlihat baru lagi.
Jika meja atau lemari kayu Anda kotor dan penuh telapak  tangan, saat mengelap meja, taburkan tepung sagu (kanji) atau tepung maizena di permukaan meja atau lemari. Kemudian gosoklah secara merata sampai mebel terlihat bersih.

Bagaimana membuat mebel kayu mengkilap kembali?

  • Ambil 5 biji kemiri, bakar sampai minyaknya keluar. Bungkus kemiri dengan kain kasa dan pukul-pukul sampai hancur. Gosoklah mebel dengan kemiri yang dibungkus kain kasa tadi. Mebel kayu pun akan mengkilap.
  • Bisa juga dengan membuat larutan ¼ cangkir cuka dan 1 cangkir minyak zaitun. Poleslah mebel dengan larutan tersebut.
  • Bila memiliki air teh basi, jangan dibuang. Air teh basi cocok untuk membersihkan meja kayu.

Menghilangkan noda tinta:

  • Buat larutan berikut: 2 sendok makan cuka dicampur dengan 1 sendok makan air. Celupkan spons ke dalam larutan lalu oleskan pada noda. Selanjutnya, mebel dilap sampai kering. Setelah itu, mebel kayu perlu dipelitur kembali.
  • Bersihkan dengan semir sepatu netral. Oleskan semir sepatu pada lap lalu gosok pada mebel.


Noda air, menghilangkannya dengan:

  • Oleskan pasta gigi pada kain basah. Noda yang membandel mungkin masih membutuhkan sedikitwashing soda  (soda ash  – bisa dibeli di toko bahan kimia). Kalau masih membandel coba gosok dengan gabus.
  • Ambil abu gosok beri sedikit minyak goreng. Gosokkan larutan ini ke meja kayu.
  • Noda bekas gelas pada mebel kayu berpelitur bisa digosok dengan minyak tanah, lalu poles ulang.

Menghilangkan noda putih:

  • Noda putih pada mebel kayu terutama mebel antik bisa diatasi dengan mencelupkan sepotong kain ke dalam minyak goreng yang sudah diberi abu rokok, lalu gosokkan kain pada noda. Gosok sampai nodanya hilang.
  • Cara lain, ambil gabus lalu celupkan ke dalam minyak goreng dan abu rokok. Gosokkan gabus tersebut pada noda. Terakhir lap mebel dengan lap lembut.
  • Bisa juga dengan menggosoknya dengan odol yang ditaruh di lap. Gosokkan lap tersebut pada noda. Setelah itu mebel digosok dengan lap basah. Terakhir gosok dengan lap kering.

Lelehan lilin:
Saat memasang lilin, kadang ada lelehan lilin yang mengotori mebel. Jangan sekali-kali membersihkannya dengan benda tajam. Ambil saja pengering rambut, arahkan ke lelehan lilin sampai lilin meleleh. Segera setelah meleleh, mebel dilap dengan lap bersih atau tisu. Kemudian, mebel digosok lagi dengan lap yang agak basah dan diberi sedikit cuka.

Melepas striker pada mebel kayu:

  • Anak-anak kerap memasang striker pada mebel kayu. Untuk menghilangkannya jangan dikerik dengan pisau. Teteskan sedikit minyak goreng pada kertas lalu biarkan sebentar sampai minyak terserap. Setelah itu, gosok mebel dengan lap yang lembut. Ulangi proses ini, sampai striker benar-benar terlepas.
  • Cara lain, ambil lap lalu  beri beberapa tetes minyak goreng atau baby oil . Gosokkan perlahan-lahan sampai striker terlepas. Setelah itu, gosok dengan lap kering.

Selamat mencoba ....

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel