76 Jum'at, 29 November 2013 | 11:16:26

Membersihkan Benda Antik

membersihkan-benda-antik

Merawat benda-benda antik tak sama dengan perabot lainnya, ada cara tersendiri untuk membuatnya tahan lama dan tetap terlihat antik. Simak tips berikut

Membersihkan kayu
Untuk membersihkan kayu, pakailah pelepah pohon pisang. Selain tidak menghilangkan warna kayu --pembuatan gebyok tidak menggunakan cat biasa, tetapi memakai warna-warna dedaunan-- juga lebih mengkilat.

Caranya, pelepah pisang yang sudah tua (berair) dipotong, kemudian digosok-gosokkan ke atas kayu. Lantas bersihkan dengan lap kering. Lakukan ini tiga bulan sekali, tapi jika sering kena debu, lebih baik lakukan seminggu sekali.

Membersihkan bahan-bahan dari kuningan
Sementara untuk membersihkan bahan-bahan dari kuningan, Anda dapat menggunakan buah asam hitam (asam jawa), banyak dijual di pasar.

Caranya, Siapkan asam secukupnya -tergantung dari berapa banyak yang akan dibersihkan- lalu campur dengan air, dan beri sedikit garam, aduk. Celupkan lap bersih dan gosok kuningan dengan teliti. Jika ada asam yang menempel, bersihkan dengan lap kering. Lakukan ini seminggu sekali.

Selamat mencoba!

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel