230 Rabu, 27 November 2013 | 11:08:38

7 Problem Solusi Perbaikan Atap

7-problem-solusi-perbaikan-atap

Atap di rumah Anda sering mengalami kerusakan. Oleh karena itu harus sering dirawat. Tapi bila sudah terlanjur rusak maka harus segera diperbaiki. Simak solusi memperbaikinya

1. Atap terlalu landai.
Faktor kemiringan atap harus dperhatikan agar air yang jatuh dapat segera dialirkan ke bawah. Atap yang datar atau landai akan menyebabkan air lambat turun dan lama-kelamaan akan berkumpul dalam beton dan merembes.

Cara perbaikinya, desain atap harus mengikuti syarat kemiringan yang ideal yaitu 30o-40. Ukuran kemiringan ini adalah batas ideal bagi rangka atap agar bisa memegang penutup atap dengan baik sehingga air bisa segera dicurahkan ke tanah.

2. Atap bocor
Diperlukan pemeriksaan dan pemeliharaan atap setahun sekali. Perhatikan setiap bubungan, pertemuan bentuk atap, dan talang. Bahianluar ini terkena cuaca yang ekstrem. Perubahan cuaca ini bisa membuat genting mudah pecah dan semen pada bubungan menjadi retak. Lapisi dengan waterproofing pada setiap atap, bubungan, dan talang.

3. Rangka atap keropos
Penyebab keropos itu bermacam-macam, misalnya remebesan air yang menetes dari sela-sela genting dan talang. Mengganti keseleuruhan rangka atap harus dilakukan jika kerusakannya parah. Misalnya kuda-kuda atau sebagian besar kayu kaso keropos. Namun, jika kerusakan hanya pada sebagian kecil kaso dan reng. Anda bisa memperbaikinya secara sederhana dan mudah.

4. Genteng melorot
Umumnya genteng tanah liat dirangcang untuk sudut 27,5 - 40 . Apabila sudut tidak pas, akan menjadi jalan air untuk masuk. Sedangkan celah-celah tersebut dibuat sengaja untuk pemuaian masing-masing keping genteng dan terkadang untuk ventilasi.

Sebaiknya, kalau sudut atap harus dibuat lebih besar dari 40 , setiap kepingan genteng harus dipakukan ke reng yang berada tepat di bawahnya supaya tidak mudah melorot.

5. Bubungan retak
Cara mengatasinya, minimalkan sambungan atap seperti penggunaan bubungan dan jurai. Ukuran bubungan atau jurai jangan terlalu tinggi karena akan menimbulkan celah mengundang air. Cara lainnya aplikasikan lembaran khusus yang tahan air, lunak, dan lentur di atas permukaan bubungan.

6. Retak rambut pada dak beton
Perubahan panas dan dingin secara terus menerus akan membuat maerial penutup rumah menjadi aus atau berubah. Retak sekecil apapun, bila itu terjadi di atap rumah, pasti akan membuat air memasuki celah-celahnya.

Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan memperhatikan komposisi campuran beton dan proses mengedak. Karena dua hal ini sangat menentukan kualitas beton. Cara lainnya, gunakan waterproofing  pada seluruh permukaan atap.

7. Suhu panas pada loteng
Suhu pada dapat direduksi dengan solusi ventilasi silang, modifikasi lubang angin, dan pembuatan rongga di bawah genteng.

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel