72 Selasa, 19 November 2013 | 11:47:18

Menata Rumah Minimalis

menata-rumah-minimalis

Menata rumah minimalis memang bisa menjadi satu pekerjaan yang berat. Secara konsep, gaya yang satu ini memang sederhana. Tidak ada kerumitan dalam hal bentuk. Akan tetapi justru disitulah tantangannya. Desain yang sederhana membuatnya tampak membosankan. Tanpa penataan yang baik, gaya minimalis akan terasa begitu kaku. Untuk mengatasinya, banyak yang fokus pada permainan warna dan pencahayaan.

Saat melihat rumah minimalis, apa yang membuat Anda paling berkesan? Apakah bentuknya atau warnanya? Coba Anda bayangkan jika arsitektur tersebut diberi warna polos. Kesan yang tercipta tentunya akan berbeda. Bahkan bisa jadi Anda akan kehilangan ketertarikan Anda. Gaya minimalis memang banyak bertumpu pada warna yang menarik. Selain itu bentuk yang tegas juga membuatnya tampak memikat.

Untuk memperoleh kesan terbaik, buatlah konsep yang cocok dengan Anda. Lebih baik lagi jika disesuaikan dengan lingkungan sekitar. Dengan demikian rumah Anda tidak terlalu terkesan individualis. Konsep ini jugalah yang membantu Anda dalam menentukan warna cat. Misalnya saja warna hijau untuk kesan natural. Warna ini terasa dingin dan menenangkan. Lebih menarik lagi jika dipadukan dengan warna lainnya.

Khusus untuk pintu dan jendela sebaiknya pilih warna yang lebih gelap. Hindari penggunaan ornamen yang terlalu berlebihan. Jika ingin menggunakan ornamen, gunakan seminimal mungkin. Pada sisi jendela, pilihlah jendela yang lebar. Jendela lebar tidak hanya baik untuk sirkulasi udara. Ini juga baik sebagai tempat masuknya cahaya matahari. Selain itu kesan modern pada rumah minimalis juga lebih terasa.

Lakukan permainan pencahayaan yang baik. Sebaiknya pilih warna lampu yang wajar. Warna putih dan kuning adalah contoh yang baik. Warna putih mampu memberikan kesan formal dan luas pada ruangan. Sedangkan warna kuning mampu memberikan kesan hangat dan romantis. Terapkan warna lampu tersebut berdasarkan konsep ruangan. Fungsi ruangan juga menentukan warna lampu yang dipilih.

Penempatan cermin juga cukup membantu. Cermin mampu menyebarkan cahaya dalam ruangan. Selain itu cermin juga membuat ruangan terkesan lebih luas. Apalagi jika ditempatkan pada lokasi dan dengan cara tertentu. Jangan lupa untuk memilih furniture yang tepat. Pemilihan furniture meliputi pemilihan berdasarkan warna dan bentuk. Agar tampak seimbang, pastikan kedua aspek tersebut cocok dengan ruangan.

Kesan modern saja tentunya tidak cukup. Rumah juga harus terkesan nyaman. Untuk itu penataannya harus cermat. Hindari penempatan furniture yang terlalu berdempet. Penggunaan aksesoris tambahan sebaiknya juga dibatasi. Jika ingin mendekorasi langit-langit, perhatikan juga tinggi langit-langitnya. Jangan sampai dekorasi justru membuat ruangan tampak sempit.

Jangan lupa untuk membuat taman. Taman memberikan kesan relaks. Ini juga menyeimbangkan unsur dalam rumah minimalis.

Sumber : Property Kita

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel