179 Rabu, 13 November 2013 | 10:41:30

5 Langkah Bikin \"Wallpaper\" Awet Muda

5-langkah-bikin-wallpaper-awet-muda

Setelah menerapkan wallpaper di ruang tamu Anda, kini saatnya Anda mengetahui cara membersihkan wallpaper yang baik dan benar agar tetap awet dan terawat. Jangan berisiko merusak dinding indah, selalu ikuti instruktur perawatan yang tepat untuk wallpaper Anda.

Namun, jika Anda lebih memilih melakukannya sendiri, ada baiknya kami ingatkan bahwa terdapat beberapa jenis wallpaper dan jenis-jenis kotoran dan sampah yang memerlukan penanganan khusus. Hal ini karena orang sering kali salah kaprah dalam menggunakan alat dan bahan untuk membersihkan wallpaper di ruang tamu kesayangan Anda.

Tentu saja, Anda harus apik memelihara wallpaper. Yuk, ikuti beberapa instruksi dan cara penanganan berikut ini agar wallpaper tetap awet digunakan, setidaknya hingga beberapa tahun ke depan:

Kemoceng
Ini cuma untuk mengusir debu. Mulailah dengan menggunakan lap kemoceng yang berstruktur swiffer atau kain elektrostatik kering agar debu yang menempel mudah terangkat. Lakukan gerakan memutar searah jarum jam agar debu terpusat pada satu titik bersihan.

Steples penyeka noda
Noda yang menempel atau sekedar bekas sidik jari di sekitar wallpaper dinding Anda akan sangat merusak keindahan kertas dinding tersebut. Namun, hanya dengan menggunakan kain lembab, seluruh noda akan terangkat. Diukur dengan penggaris lebar, gunakan selotip berbahan perekat rendah dan hindari selotip yang terlalu lengket agar tidak merusak warna wallpaper.

Jeruk nipis
Bahan alami ini sangat ampuh untuk membasni noda membandel. Maka, bila wallpaper Anda tanpa sengaja terkena percikan noda, seperti bekas minuman, kecap, dan kotoran lainnya yang sulit dibersihkan, Anda bisa menggunakan sedikit perasan jeruk nipis.

Setelah diperas, masukkan air perasan ke dalam air hangat dan gosokkan pada dinding wallpaper menggunakan spons lembut. Diamkan beberapa saat, kemudian lap bekas gosokan spons memakai kain halus kering. Khusus wallpaper berbahan kain, Anda dapat menggunakan sikat dengan perasan air hangat dan jeruk nipis.

Air hangat dan sabun khusus
Campuran air hangat dan sabun khusus sangat cocok untuk membersihkan wallpaper tahan air berbahan vinyl atau akrilik. Wallpaper jenis ini dapat dicuci dengan air hangat, sabun ringan, dan menyeka dengan kain kapas atau spons lembut.

Perlu diketahui, wallpaper yang dilapisi vinyl memiliki lapisan akrilik di atas permukaannya, sehingga cukup tahan terhadap noda minyak, suhu lembab dan lebih toleran dalam proses pembersihan. Hanya, Anda harus menghindari penggunaan alat pembersih abrasif, spons kasar, atau batu apung karena akan menyobek lapisan vinyl wallpaper ini.

Dry cleaning
Sebagai sentuhan akhir membersihkan wallpaper, Anda dapat menggunakan dry cleaning untuk mengeringkan dengan segera kertas dinding Anda ini. Hal yang harus Anda lakukan adalah menjaga kecerahan warnanya.

Mau coba? Jangan lupa, siapkan alat dan bahan-bahan tersebut jika Anda ingin membersihkan wallpaper. Lakukan instruksi secara baik dan benar agar wallpaper ruang tamu tetap awet!

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel