99 Rabu, 13 November 2013 | 10:36:13

Tiga Langkah agar Tak Dicap Tuan Rumah yang Jorok

tiga-langkah-agar-tak-dicap-tuan-rumah-yang-jorok

Mengundang orang ke rumah tentu menyenangkan. Selain keramahan si tuan rumah dan keapikan interior, hal utama yang akan menjadi perhatian tamu adalah kebersihan ruangan. Salah satu tolak ukur yang menentukan kebersihan ruangan adalah kebersihan kamar mandi. Apabila bau pesing dan apek langsung menyeruak, ditambah banyaknya kerak di lantai dan dindingnya, tamu bisa "mencap" Anda sebagai pemilik rumah yang jorok. Kalau sudah begini, tak ada kata lain untuk kembali rutin menjaga kebersihan kamar mandi.

Tak ada kata sulit, sebenarnya. Anda cukup meluangkan waktu Anda sejenak, dan mengikuti tiga tips praktis berikut ini:

Atasi saluran mampet
Bau dan kotoran sering timbul akibat saluran air yang mampet, baik di lantai maupun wastafel. Agar kembali lancar, cobalah menyiasatinya dengan menaburkan setengah cangkir garam dan satu cangkir baking soda ke dalam saluran, lalu diamkan semalaman.

Esok paginya, Anda tinggal menyiramkan dengan dua hingga tiga cangkir air mendidih. Niscaya, setelah itu saluran air di rumah Anda akan lancar kembali.

Hilangkan kerak membandel
Kloset dan wastafel yang berkerak di sana-sini, tentu tak sedap dipandang mata. Biasanya, walaupun sudah dibersihkan dengan air, kerak tersebtu tetap susah dihilangkan.

Jangan khawatir. Ada cara praktis, yaitu Anda cukup menggunakan cuka dapur. Caranya, siramkan dua gelas cuka dapur ke area yang berkerak, lalu biarkan selama satu jam. Sesudahnya, gosok kerak hingga habis terkikis dan bilas dengan air bersih.

Kerak juga sering terdapat pada lantai kamar mandi. Untuk yang satu ini, Anda bisa menggunakan belimbing wuluh sebagai alat pembersih. Caranya, hancurkan belimbing wuluh dan sebarkan di area lantai yang kotor atau berkerak, dan biarkan semalaman. Keesokan paginya, Anda tinggal membersihkan sisa-sisa belimbing wuluh tersebut dan menyiram lantai dengan air bersih.

Bersihkan noda bekas sabun
Noda yang satu ini seringkali dijumpai di dinding bathtub atau di pegangan atau kepala shower, serta keran wastafel. Untuk membersihkannya, Anda bisa memakai cairan sabun pencuci piring. Caranya, semprotkan cairan itu ke tempat kotor, gosok dengan merata, dan tuntaskan memakai air bersih dan lap kering.

Cara lebih praktis dan cepat juga ada, yaitu dengan dengan menggunakan tisu basah. Kondisi tisu yang lembap dapat membantu membersihkan area-area yang terkena noda bekas sabun, yaitu dengan menyapukan tisu basah. Selain bersih, aroma wangi pun segera merebak di kamar mandi Anda. (AJG)


Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel