135 Senin, 07 Oktober 2013 | 01:56:04

Tak Mau Rumah Anda Kebobolan Tikus? Ikuti Cara Ini...

tak-mau-rumah-anda-kebobolan-tikus-ikuti-cara-ini

Coba kelilingi dapur Anda. Meski sudah merasa sukses menjaganya selalu bersih, masih ada kemungkinan tikus masuk ke dalam rumah. Pasalnya, tikus-tikus kecil bisa menyelinap dalam lubang berukuran sedikit lebih besar dari diameter pensil kayu. Kehadiran dan dampak yang ditimbulkan oleh binatang pengerat ini memang menjengkelkan!

Oleh karena itu, bawalah pensil kayu Anda dan mulailah melakukan "inspeksi" di tempat-tempat berikut ini.
 
Pertama, cobalah mengecek fondasi rumah, terutama bagian yang ada di dekat area jendela dan pintu. Jika Anda menemukan lubang atau celah berukuran lebih besar dari penghapus yang ada di ujung pensil, segera segel lubang tersebut. Namun, ingat juga bahwa tikus mampu menggerogoti lubang mungil tersebut, terlebih jika materialnya relatif lemah. Gunakan bahan-bahan kuat seperti semen untuk menyegelnya.
 
Kedua, cek kembali jendela dan pintu rumah. Tikus-tikus relatif lebih aktif pada malam hari. Jika Anda memiliki kebiasaan membuka jendela pada malam hari, cobalah gunakan saringan udara (window screen) untuk menghindari masuknya tikus ke rumah.
 
Ketiga, periksalah pintu garasi. Biasanya, pintu garasi sedikit lebih terangkat dari permukaan ketimbang pintu rumah. Celah ini merupakan pintu masuk yang begitu lebar bagi tikus. Periksa juga adanya retak atau lubang di sekitar dinding garasi, seperti ketika Anda mengecek fondasi.
 
Keempat, periksalah pipa-pipa, terutama pipa yang sudah tidak digunakan. Pipa bisa menjadi jalan masuk bagi tikus-tikus kecil. Berikan perhatian lebih bagi lokasi masuknya pipa tersebut ke dalam rumah. Tidak hanya pipa yang sudah tidak lagi digunakan, jika ada ruang antara pipa dan dinding rumah, tikus pun bisa menyelinap di celah tersebut.
 
Setelah mengecek semua lubang dan celah yang kemungkinan ada, segeralah membersihkan rumah Anda. Bebaskan dapur, bahkan kamar tidur dari remah-remah makanan. Jangan lupa mengecek sisi-sisi "tersembunyi" di balik perlengkapan dapur, termasuk di permukaan kompor. Hindari kebiasaan makan di dalam kamar tidur.

Terakhir, simpan makanan kering dalam wadah kedap udara, termasuk makanan binatang peliharaan. Selamat "berburu" dan menjaga agar rumah Anda tidak "kebobolan" tikus.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel