476 Rabu, 30 Oktober 2013 | 12:08:20

5 Permasalahan Rumah yang Perlu Diwaspadai Saat Hujan

5-permasalahan-rumah-yang-perlu-diwaspadai-saat-hujan

Musim hujan sudah tiba, problem seputar rumah pun akan datang. Mulai dari banjir hingga atap bocor. Apa saja problem yang biasanya datang saat hujan? Pemilik rumah harus mengecek lima hal yang kerap menjadi masalah. Kelima hal ini bisa diantisipasi. Berikut uraian ringkasnya :

1. Banjir
Banjir merupakan permasalahan klasik yang kerap terjadi. Solusinya, cek saluran air di sekitar rumah Anda. Hendaknya dilakukan pembersihan dan pastikan tidak ada saluran yang tersumbat oleh sampah atau dedaunan. Jika memungkinkan, pasanglah kawat kasa agar kotoran yang terbawa arus air tidak ke dalam selokan. Jangan lupa perhatikan kemiringan pada saluran rumah. Pastikan arus air sesuai dengan kemiringan selokan atau riol.

Jika wilayah Anda sebagai area langganan banjir, jangan lupa simpan semua dokumen penting ke dalam plastik. Simpan dokumen itu di tempat yang aman. Apabila air masuk ke dalam rumah, buatlah benteng sementara dari karung pasir. Atur ketinggian rumah dari tinggi jalanan agar air tidak masuk ke dalam.

2. Waspadai kabel listrik
Perhatikan kabel lampu atau pompa air yang terletak di luar rumah. Periksalah agar tidak ada kulit kabel yang terkelupas. Jika ditemukan luka kulit kabel bisa dibalut selotip khusus kabel yang dijual di pasaran.

3. Bocor
Ini merupakan kasus yang paling sering ditemukan pada saat musim hujan. Atap pada dasarnya komponen rumah yang sudah dirancang sebelum pembangunannya dilakukan. Ada baiknya atap dicek secara rutin tiga bulan sekali. Jika ditemukan retakan bisa menggunakan lapisan waterproof. Segera bertindak jika menemukan kebocoran. Karena bocor bisa menimbulkan bekas yang tidak enak dipandang.

4. Dinding lembab
Biasanya dinding rumah indoor akan timbul semacam noda di dinding lantaran situasi yang lembab. Nanti akan hilang dengan sendirinya ketika cuaca berganti musim. Tetapi pada kasus tertentu, akan berbekas. Bila noda yang tidak hilang dalam diameter yang besar, solusinya adalah mengecat ulang.

5. Lantai licin
Pada musim hujan, lantai akan licin karena lumut akan tumbuh dengan subur. Berhati-hatilah bila memiliki anak kecil atau orangtua agar tidak terpeleset. Sikat lantai secara teratur. Bila perlu, gunakan lapisan plastik dengan permukaan yang kasar. (nia)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel