85 Rabu, 30 Oktober 2013 | 12:01:21

Agar Rumah Tetap Hangat meski Musim Hujan

agar-rumah-tetap-hangat-meski-musim-hujan

Musim penghujan datang. Hujan yang turun hampir setiap hari membuat cuaca menjadi dingin. Jika sudah begitu, membeli heater atau pemanas ruangan adalah jalan pintas yang bisa Anda lakukan agar tidak kedinginan di rumah. Sebenarnya cara ini kurang efektif. Selain menambah pemakaian daya listrik, Anda harus merogoh kocek lebih dalam. Karena harga pemanas ruangan juga tidak murah.

Ada cara yang lebih praktis untuk menghangatkan rumah Anda tanpa menggunakan penghangat ruangan. Berikut tipsnya yang dilansir dari wikihow.

Pertama, tutup semua jendela rumah Anda. Terlebih jika hujan turun disertai dengan badai, pastikan semua jendela rumah dalam keadaan terkunci.

Kedua, pasang tirai di jendela. Tirai ini berguna untuk menahan udara dingin yang masuk. Selain menggunakan tirai, agar ruangan tetap hangat saat hujan, Anda juga dapat menutupi jendela dengan lembaran plastik bening. Sehingga membuatnya menjadi kedap udara.

Ketiga, tutup semua pintu. Periksa sekitar kunsen pintu dan bagian bawah pintu. Ini juga berguna untuk menghalangi udara dingin masuk ke rumah.

Keempat, pindahkan barang-barang seperti tanaman, atau apa saja yang dapat menghalangi cahaya masuk ke dalam rumah. Anda bisa memindahkannya kembali ketempat semula pada malam hari.

Kelima, tutup semua ruangan yang tidak terpakai. Pintu yang tertutup membuat ruangan menjadi lebih hangat.

Keenam, gunakan karpet. Lantai yang menggunakan karpet membantu mencegah hilangnya panas melalui permukaan lantai. Karpet umumnya lebih hangat dibanding lantai kayu atau batu.

Ketujuh, nyalakan lilin. Sebuah lilin dapat menghasilkan panas. Hanya saja, Anda harus lebih sedikit waspada. Jangan pernah meninggalkan lilin yang dalam keadaan masih  menyala.

Kedelapan, nyalakan lampu. Rata-rata bola lampu pijar melepaskan 95 persen dari energi panas. Ini bisa menjadi salah satu sumber panas yang efisien.

Kesembilan, jika Anda sedang bersantai di musim hujan, pilihlah ruangan yang kecil untuk bersantai. Ruangan yang kecil tidak akan membuat Anda kedinginan. (nia)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel