105 Selasa, 29 Oktober 2013 | 03:10:08

Fungsi Lain dari Microwave

fungsi-lain-dari-microwave

Kalau mencermati buku panduan penggunaan microwave, bisa ditemui beragam cara pengoperasian alat yang bekerja berdasar gelombang micro ini. Karena fungsi utamanya sebagai alat masak, maka jelas saja, dalam buku panduan itu, lebih banyak ditampilkan bagaimana pengoperasian microwave sebagai alat memasak. Di sisi lain, microwave rupanya bisa juga melakukan pekerjaan lain. Misalnya:

  1. Microwave sebagai desinfektan. Hal ini bisa dilakukan untuk membunuh kuman pada spons pencuci piring. Caranya: rendam spons cuci piring itu di dalam cuka atau jus lemon. Setelah itu panaskan spons di dalam microwave selama 1 menit. Cara ini menghilangkan bau pada spons, sekaligus juga membunuh kuman. Dengan begitu, spons dapat dipergunakan lagi secara lebih higienis.
  2. Membunuh kuman pada plastik penutup box makanan. Prosesnya sama dengan poin 1. Cuci bersih plastik, balur dengan air jeruk, dan panaskan selama satu menit.
  3. Melelehkan gula merah dan madu. Tak perlu lagi menggunakan kompor. Proses ini lebih cepat. Cukup masukkan gula ke dalam plastik, dan tambahkan sedikit air. panaskan selama 10-20detik. Untuk melelahkan madu, buka tutup botol madu, dan panaskan selama sekitar 30detik-1menit.
  4. Mengembangkan adonan kue. Cara konvensional biasanya dilakukan dengan membiarkan adonan berada pada suhu ruangan sekitar satu jam. Menggunakan microwave hal itu bisa dilakukan hanya 15menit. Caranya, tempatkan adonan pada wadah kaca/plastik, tutup dengan plastik. Tempatkan wadah adonan di tengah wadah berisi air. Setel lah microwave pada posisi energi paling rendah, dan panaskan adonan selama 3 menit. Biarkan selama 3 menit di dalam microwave, dan panaskan lagi selama 3 menit. Sebelum dikeluarkan, biarkan adonan berada di dalam microwave selama 6 menit.
  5. Menambah jumlah air jus pada buah jeruk. Caranya: sebelum memeras jeruk, hangatkan jeruk di dalam microwave selama 20detik.
  6. Memanggang kacang dan roti. Untuk fungsi ini, kacang dan rotibisa dipanggang selama 2-3menit.
  7. Memasak sayuran. Sayuran juga bisa dimasak menggunakan microwave. Kualitas hasilnya pun lebih baik. Caranya cukup tempatkan sayuran pada mangkok kaca, dan tutup dengan plastik. masak dengan temperatur tinggi. Lama memasak bervariasi. Sayur lembek seperti bayam, jamur cukup dimasak 30detik. Sayuran keras seperti wortel perlu dimasak selama 4 menit. Dijamin, vitamin yang terkandung dalam sayuran tidak terurai.


Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel