14 Kamis, 24 Oktober 2013 | 10:07:53

5 Kiat Mengajak Anak Merapikan Rumah

5-kiat-mengajak-anak-merapikan-rumah

Libur panjang pekan ini mungkin Anda beserta anak-anak tidak ada agenda untuk pergi keluar rumah, dan berencana untuk mengajak anak-anak Anda untuk bersih-bersih. Jangan takut, karena bisa jadi hal ini akan menyenangkan dan mengasyikkan. Beberapa tips berikut ini mungkin akan sangat bermanfaat bagi Anda.

Menikmati dengan senyuman
Ketika hari libur datang dan anak-anak menghabiskan waktu di rumah, terkadang akan lebih banyak pekerjaan bersama mereka. Mulai memandikan, menyuapi hingga membereskan mainan mereka. Sedangkan pekerjaan rumah tetap menunggu untuk diselesaikan. Maka dari itu perlunya Anda membuat jadwal dan tugas rutin membereskan rumah bersama pasangan Anda. Senyum dan keceriaan baik kepada pasangan ataupun pada balita Anda akan mendorong mereka untuk membantu dan bekerjasama. Karena anak-anak akan senang mendengarkan perkataan orangtua yang ramah, gembira dan menyejukkan.

Berbagi tugas akan sangat membantu
Akan lebih mudah menyelesaikan pekerjaan rumah dengan bekerjasama. Melibatkan pasangan tentu saja merupakan bagian dari mengembangkan kerangka pemikiran untuk mengelola rumah tanpa pembantu. Selain itu, melibatkan anak-anak akan sangat penting guna menanamkan kemandirian dan kerjasama dalam kehidupannya. Peran anak tentu saja terbatas porsi dan kemampuannya. Sebagai langkah awal misalnya libatkan si kecil itu untuk menjaga kerapian ruang tidur dan membereskan mainannya setelah selesai digunakan.

Menyusun jadwal harian bersama si kecil
Kesempatan sangat banyak bagi orang tua untuk mengajarkan disiplin pada anak terlebih pada balita. Membuat jadwal harian yang berisi pekerjaan rumah balita dalam seminggu yang disususn dalam sebuah chart menarik akan sangat memotivasi mereka untuk melakukan apa yang sudah disepakati. Pastikan juga dalam chart tersebut terdapat kolom untuk tanda bintang atau boneka sebagai reward apabila mereka melaksanakan tugasnya dengan baik. Bintang ataupun symbol reward tersebut dapat ditukarkan dengan hadiah menyenangkan apabila sudah terkumpul selama sebulan.

Melibatkan anak sesuai porsi dan kendalikan konflik
Adakalanya pembagian tugas tidak bisa dilakukan dengan mudah, terlebih apabila si kakak dan adiknya tidak mau saling mengalah. Peran orangtua, dengan pembagian yang seadil-adilnya adalah yang utama. Bila si kakak mendapat satu tugas, pastikan juga si Adik mendapat satu tugas. Prinsip keadilan dan kesederhanaan jadi kunci. Selain itu perlu juga dilihat apabila si kecil tidak mau melaksanakannya, bisa jadi dikarenakan mereka sudah bosan ataupun lelah. Maka, tentunya trik dengan menyiapkan makanan kesukaannya ketika sedang berberes rumah dirasa cukup membantu untuk mengembalikan senyum mereka.

Jangan memasang harapan selangit
Anak-anak bukanlah orang dewasa, terlebih mereka masih berusia dibawah 5 tahun. Jangan terlalu memasang harapan tinggi bahwa mainan yang dibereskannya setelah digunakan akan lebih rapi daripada apabila Anda yang membereskan. Cobalah untuk berpikir bahwa tahun ini mungkin si kecil baru belajar mengenai jadwal rutinnya dan mencoba mematuhi sesuai kemampuannya. Barangkali tahun depan ia akan lebih terampil dan memiliki inisiatif untuk melakukannya sendiri tanpa disuruh atau diingatkan. Setidaknya, Anda telah berhasil melibatkan mereka untuk melatih anak sejak usia dini

Sadari ”Nobody is perfect”
Usaha Anda dalam mengajak anak-anak dalam kegiatan mengatur rumah tidak akan serta merta berhasil. Percayalah, dengan dua balita Anda, tak seorangpun bisa melakukannya dengan sempurna. Kadang berhasil, kadang tidak. Bahkan ada satu hari mereka menolak mengerjakan semuanya. Sekali lagi tak perlu panic! Senyum adalah obat. Semangat Anda itulah yang akan memperbaiki keadaan. Selain itu, si kecil pada akhirnya akan sadar bahwa mereka harus belajar untuk melakukannya. Dan ketika itu berhasil niscaya Anda akan merasa bangga dan bersiap untuk tantangan selanjutnya.

Hal lain yang bisa Anda lakukan jika seisi rumah mulai jenuh, adalah dengan melakukan penyegaran. Misalnya,ajak keluarga mencicipi menu baru di restoran favorit, atau mendatangi taman di kompleks perumahan untuk bermain ayunan. (wd)

Sumber : warna-warni Indonesia

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel