97 Kamis, 24 Oktober 2013 | 09:52:14

Ternyata, Mengecat Perabot Kayu Sangat Enteng!

ternyata-mengecat-perabot-kayu-sangat-enteng

Mewarnai perabot kayu di rumah Anda dengan berbagai warna menarik bisa memberikan nuansa berbeda pada ruangan tempatnya berada. Ahli Desain Gia Russo dari Real Simple menjelaskan mudahnya mewarnai perabotan kayu. Sayangnya, banyak orang justru memandang pewarnaan perabot kayu adalah proses yang rumit dan memakan banyak waktu. Russo meyakinkan publik mengecat perabot kayu sangat menyenangkan.

Anda hanya membutuhkan kain bersih, amplas atau amplas spons, cat primer, cat lateks, roller dan roller frame (wadahnya), kuas, serta kuas busa. Tentu, Anda juga membutuhkan furnitur yang ingin diperbarui tampilannya.
 
Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mulai memoles cat primer pada permukaan perabot adalah memastikan, perlu atau tidak mengamplas perabot tersebut. Ada dua cara untuk mengetahui hal tersebut. Pertama, periksa adanya lubang-lubang pada permukaan perabot. Kedua, periksa juga jika ada benjolan pada permukaan perabot.
 
Jika Anda menemukannya, maka gunakanlah amplas spons untuk menghaluskan permukaan perabot. Amplas dengan gerakan pendek bolak-balik atas-bawah. Kemudian, periksa permukaan perabot dengan menggunakan tangan Anda. Ketika Anda sudah merasa permukaannya halus, hilangkan debu dari permukaan perabot. Gunakan kain bersih atau pembersih vakum. Langkah ini begitu penting. Anda harus memastikan semua partikel debunya sudah hilang sebelum mulai menyapukan cat primer.
 
Setelah itu, mulailah proses penyapuan cat primer. Jika perabot yang ingin Anda warnai berukuran kecil, maka gunakan saja primer semprot. Primer jenis ini lebih ringkas dari primer konvensional. Namun, Anda juga bisa menggunakan kuas. Pastikan Anda membiarkan cat primer kering.

Jika perabot yang ingin Anda cat berukuran besar dan memiliki permukaan mendatar, gunakan roller untuk menyapukan cat ke permukaannya. Cara ini lebih cepat dan lebih mudah ketimbang menggunakan kuas. Pastikan Anda melapisi perabot sebanyak dua lapis. Tunggu hingga lapisan pertama kering, sekitar dua jam, baru menyapukan cat lapis kedua.

Selama menunggu cat kering, pastikan kuas yang Anda gunakan tidak kering. Caranya, taruh kuas di dalam kantung plastik, kemudian taruh di dalam lemari es untuk memastikannya tetap lembab.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel