139 Selasa, 22 Oktober 2013 | 10:06:41

Tips Meningkatkan Kualitas Keamanan Pada Mobil

tips-meningkatkan-kualitas-keamanan-pada-mobil

Mengingat meningkatnya pencurian mobil sekarang ini membuat pemilik kendaraan semakin harus berhati - hati saat mobil kesayangannya diparkir di tempat umum atau garasi rumah. Nah ikuti tips berikut agar kualitas keamanan pada mobil Anda dan lingkungan di sekitarnya dapat lebih di maksimalkan.


-    Letakkan barang berharga harga di dalam laci. Untuk mencegah pencuri mengambil barang - barang berharga Anda di dalam mobil. Sebaiknya letakkan barang - barang tersebut di dalam laci mobil Anda agar tidak mengundang sang pencuri untuk memecahkan kaca mobil Anda atau bahkan mobilnya pun dapat diambil dengan hanya dalam waktu beberapa menit.

-    Gunakan Alarm dan immobilizer. Untuk memaksimalkan kualitas keamanan pada mobil Anda. Jika belum, lengkapi mobil Anda dengan alarm atau immobilizer. Fungsi dari perangkat tersebut adalah untuk mencegah sang pencuri masuk kedalam mobil Anda karena mendengar suara alarm-nya pun yang cukup keras dan immobilizer pun dapat mencegah agar mesin pun tidak dapat dihidupkan. Harga alarm tersebut berkisar antara 500 ribu hingga diatas 1 juta rupiah.
-    Parkir di tempat yang aman. Pemicu terbesar pada pencurian kendaraan, adalah karena sang pemiliki mobil sering kali memarkir mobil di tempat yang sepi dan kualitas keamanannya yang kurang baik. Usahakan agar selalu di secure parking, karena di beberapa jenis tempat parkir tersebut sudah dilengkapi dengan asuransi, yang dimana jika terjadi kehilangan pada mobil Anda atau barang di dalam - dalam mobil Anda akan diberikan biaya ganti rugi dari pihak asuransi pengelola tempat parkir tersebut.
-    Gunakan kunci setir. Untuk dapat lebih meningkatkan keamanan pada mobil Anda, setir sebaiknya dikunci dengan lock steer. Dengan perangkat tersebut,maka sekalipun kalau si pencuri pun sudah berhasil untuk menyalakan mesin pada mobil Anda. Mobil pun tidak bisa digunakan karena setir dalam posisi mengunci. Harga kunci setir tersebut berkisar dari 200 ribu hingga 1 juta rupiah.
-    Gunakan kaca film. Untuk menghindari sang pencuri melihat secara langsung barang- barang berharga di mobil Anda.Sebaiknya kaca di mobil Anda dengan kaca filem dengan tingkat kegelapan hingga 60 percent, karena jika terlalu gelap akan menganggu tingkat visibiltas berkendara di dalam mobil Anda. Beberapa jenis kaca filem berkualitas seperti spectrum atau 3 M dilengkapi dengan lapisan filem yang cukup tebal, di mana saat kaca mobil Anda dipecahkan oleh sang pencuri atau terjadi kecelakaan fatal, pecahan dari kaca tersebut tetap menyatu.
-    Asuransi. Untuk meminimalkan kerugian yang besar saat terjadi musibah pada mobil Anda. Sebaiknya mobil kesayangan Anda agar selalu di cover asuransi, karena asuransi ini bukan hanya mengcover mobil Anda tetapi juga menangagung ganti rugi ke pihak ketiga yang mencelakakan Anda atau pun sebaliknya.  Biaya premi asuransi tersebut berkisar antara 3 hingga 5 pecent dari harga mobil Anda saat di cover.

Apakah lebih baik menggunakan karpet karet atau beludru?

Dari faktor sisi fungsionalitas dan sisi kemudahan untuk dibersihkan, lebih baik menggunakan karpet karet. Terutama yang sering membawa anak kecil, karena beberapa jenis karpet karet yang berkualitas, saat kotori lumpur atau air tidak akan meresap ke karpet dasar di mobil Anda, dengan demikian umur karpet dasar di mobil Anda pun juga bisa lebih panjang. Namun bagi yang lebih mengutamakan sisi mewahnya, karpet beludru tentunya menjadi pilihan Anda, namun jenis karpet tersebut lebih sulit untuk dibersihkan dan waktu untuk mengerikan tidak sebentar. Bagi yang sering berpergian ke luar kota atau medan offroad di sarankan untuk sebaiknya menggunakan karpet karet agar lebih praktis untuk digunakannya.Harga karpet karet dan beludru yang berkulitas berkisar hingga diatas 3 juta rupiah.

Apa kelebihan dari lampu rem LED ?

- Kelebihan lampu rem LED ini dibandingkan lampu rem biasa. Pada jenis lampu tersebut terdapat beberapa bohlam kecil yang dapat lebih meningkatkan kualitas pencahayaan terutama pada saat kondisi cuaca kurang bersabahat. Pada teknologi sekarang ini, umumnya jenis bohlam pada lampu LED tersebut sudah menggunakan yang senjenis low saving energy. Dimana jenis bohlam tersebut tidak terlalu menyita banyak energi pada aki di mobil Anda. Jenis lampu tersebut bisa Anda dapatkan di toko-toko aksesoris. Namun kendaraan - kendaraan mewah seperti BMW, Mercedes dan Lexus sudah menggunakan jenis lampu tersebut, mengingat faktor keamanan adalah yang utama bagi mereka.
ban, otomotif

Sumber : Tempo

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel