157 Senin, 21 Oktober 2013 | 08:23:49

Pemanis Kamar Mandi

pemanis-kamar-mandi

Kamar mandi sering digunakan di rumah, sehingga pemakaian perabot dan aksesori yang tepat akan menambah keindahan dan kenyamanan area ini. Perabotan dan aksesori kamar mandi, khususnya kamar mandi kering, menjadi salah satu elemen penting. Selain menunjang fungsi dan aktivitas, aksesori juga akan menambah penampilan dan keindahan kamar mandi itu sendiri.


Menurut Fadli Sirajuddin  dari a+ Plan Architects, perabot dan aksesori yang lazim digunakan di area kamar mandi kering antara lain wastafel dan meja rias (vanity cabinet ). Kloset, lemari handuk, serta lemari obat-obatan kadang diletakkan di area kering. Begitu juga tempat sabun, stiker dinding, dan cermin.


“Terkadang, untuk kamar mandi yang cukup luas, area kering ini bisa dimanfaatkan sebagai walking closet . JIka dibutuhkan, urinal  bisa diletakkan di area kering. Biasanya, kasus ini terjadi di kantor-kantor atau public space . Laundry basket atau wadah cucian pun bisa diletakkan di area ini,” jelasnya.


Makin Beragam
Perabot dan aksesori kamar mandi kini semakin beragam jenis dan corak warna, serta mudah dijumpai. Wastafel, misalnya. “Pilih wastafel yang sesuai kebutuhan. Jika akan digunakan oleh keluarga (master bathroom ), pilihlah wastafel yang agak besar dan berwarna netral seperti putih,” jelas Fadli.
Namun, jika ruang kamar mandi sempit dan tidak banyak penggunanya, pilihlah wastafel berukuran agak kecil.

“Biasanya model free standing  lebih disukai, karena bagian bawahnya akan lebih ‘bebas’ dan tidak terkesan penuh atau sempit.”


Model dan warna wastafel juga harus sesuai konsep kamar mandi. Misalnya, jika kamar mandi berkonsep natural atau alami, maka bentuk dan warna wastafel yang terbuat dari tanah liat cocok diaplikasikan. “Jika konsep kamar mandinya modern, wastafel dengan warna-warna berani seperti merah atau biru dan bahan yang macam-macam bisa diaplikasikan,” tambah Fadli.
 
Pilih wastafel yang dilengkapi wadah perlengkapan mandi. Praktis dan cantik, bukan?


Ikuti Konsep  
Aksesori kamar mandi pun kini banyak macamnya. Alhasil, tempat sabun warna-warni, cermin, tissue holder  bisa menunjang penampilan kamar mandi. Nah, untuk mempercantik kamar mandi, Fadli menyarankan sebaiknya memilih aksesori kamar mandi sesuai kebutuhan dan konsep kamar mandi.
“Pilihlah aksesori yang memang kita gunakan atau berbagai macam aksesori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan toiletries . Sementara itu, pemilihan bentuk, warna, dan material pembentuk sebaiknya disesuaikan konsep dan selera,” lanjutnya. 


Adapun aksesori lain yang bersifat sebagai pelengkap untuk menambah keindahan dan kenyamanan hendaknya menunjang segala kegiatan atau kebutuhan Si Empunya rumah selama beraktivitas di kamar mandi. “Pasalnya, tidak jarang, hanya saat di kamar mandilah kita bisa memanjakan diri setelah seharian berkutat dengan kesibukan dan pekerjaan di luar rumah,” tutup Fadli.


Sirkulasi Udara dan Cahaya
Secara umum, apa saja yang harus diperhatikan ketika membuat atau merenovasi kamar mandi kering? “Pastikan area ini benar-benar kering dan terpisah dengan jelas atau tegas dengan area shower (basah). Pemisahan bisa dengan menggunakan shower screen dari plastik atau kaca. Atau, mungkin memang dipisahkan dinding bata,” jelas Fadli.


Pembedaan level lantai juga bisa membantu menegaskan pemisahan ini, sekaligus mencegah mengalirnya air dari area basah ke area kering. Biasanya, posisi area basah sengaja direndahkan untuk tujuan ini.
Pastikan juga area ini memiliki sirkulasi udara yang cukup baik, sehingga tidak lembab. Biasanya ditambahkan exhaust fan tipe ceiling atau tipe wall mounted. Fungsinya, menjaga agar area kamar mandi tetap kering.
Selain aliran udara, pencahayaan yang cukup di area ini juga akan sangat membantu menjaga kelembaban udara. “Bisa artificial light (lampu) atau natural light (matahari). Jadi, bukaan yang cukup perlu diperhatikan. Misalnya, jendela atau mungkin skylight alias bukaan di langit-langit,” kata Fadli.  

Sumber : Tabloid Nova

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel