68 Senin, 21 Oktober 2013 | 08:00:56

Merawat Sendok dan Garpu dengan Benar

merawat-sendok-dan-garpu-dengan-benar

Umumnya setiap rumah memiliki sendok dan garpu. Tapi apakah kondisi garpu dan sendok itu kusam atau kinclong alias mengilap? Meski terlihat sepele, sendok dan garpu harus dirawat secara khusus. Apalagi kedua alat ituyang sering masuk ke dalam mulut. Bahan pembuat sendok makan, sendok sayur, sendok teh, garpu, serta sendok dan garpu kue biasanya dibuat dari logam antikarat atau stainless steel. Banyak juga yang terbuat dari perak, kuningan, dan plastic. Tetapi bahan-bahan itu saat ini kurang popular. Bahan stainless steel juga bisa berkadar 100 persen atau hanya 50 persen, tergantung dari kualitasnya.

Yang paling disukai adalah kombinasi antara stainless steel dan bahan plastic warna-warni. Pastikan bahwa bahan pembuatan peralatan ini benar-benar aman untuk makanan atau food grade. Noda atau bercak putih, kotoran dan goresan merupakan hal yang paling sering ditemui pada peralatan makanan ini. Untuk membersihkan noda, gosoklah dengan air dengan diberi sedikit soda kue. Rendam beberapa saat, lalu gosok dengan busa lembut dan bilas air bersih.


Untuk kotoran yang menyelip di guratan hiasan atau dipegangannya, sikat dengan sikat gigi bekas, cuci dengan air sabun encer dan bilas hingga bersih. Keringkan segera dengan lap bersih agar noda air tidak membekas pada sendok. Sebaiknya simpan peralatan makan ini dalam wadah tertutup agar tetap bersih dan tidak berdebu. Kotak plastic tertutup rapat atau kotak kayu yang dialasi kertas bersih bisa jadi pilihan.

Jangan menaruh kamper atau bahan pewangi lainnya karena aromanya akan menempel pada peralatan ini. Meskipun sudah dicuci bersih dan disimpan dalam wadah tertutup, saat akan dipakai sebaiknya bilas sendok garpu dalam air hangat lalu lap hingga kering. Untuk penyajian di meja, taruh sendok garpu di tempat yang bersih dan tertutup agar tidak terkena debu atau dihinggapi lalat. Atau bungkus tiap pasang peralatan dengan serbet kertas. Ingatlah selalu bahwa peralatan makan ini akan langsung masuk ke dalam mulut.

Sumber : Warta Kota

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel