218 Jum'at, 18 Oktober 2013 | 08:55:50

Pasang Water Heater, Pastikan Arahnya Tepat!

pasang-water-heater-pastikan-arahnya-tepat

Udara dingin kadang membuat malas mandi. Namun, hal itu tak berlaku jika air di kamar mandi bisa diatur suhunya, agar hangat atau panas. Water heater adalah alat yang mungkin belum terlalu familiar untuk rumah-rumah kebanyakan. Artikel ini akan mengulas seluk beluk water heater.

Direktur Utama PT Tekindo Utama sebagai distributor pemanas air merk WIKA, Lina Irawati mengatakan, ada dua hal yang harus diperhatikan jika ingin memasang water heater di rumah.

"Yang pertamam, yaitu survey lokasi. Survei lokasi ini akan menentukan di mana letak water heater," katanya.

Survei juga menentukan berapa harga weater heater yang akan dipasang. Selain itu, manfaat lain adalah untuk menghindari kesalahan saat pemasangan. "Kalau kita tidak survei, tidak dapat angka-angkanya," kata Lina.

Berbicara mengenai lokasi, sebaiknya water heater diletakkan ke arah utara. "Karena sesuai arah matahari", katanya.

Dijelaskan, secara teori, matahari lebih banyak di utara. Pilihan yang kedua yaitu sebelah barat. "Matahari mulai jam 11 sore adanya di barat, kalau pagi tidak terlalu panas. Makanya arah timur tidak kita sarankan pada pelanggan," kata Lina.

Jika di rumah pelanggan sudah ada instalasinya, water heater bisa langsung dipasang. Jika belum, maka instalasi untuk water heater harus dibuat terlebih dahulu.

"Untuk pemasangannya sendiri, jika sistemnya sudah siap hanya membutuhkan waktu setengah hari, sudah bisa diuji coba. Namun jika sistemnya belum lengkap, seperti pompa pendorongnya belum ada, bisa berminggu-minggu hingga berbulan-bulan," tandas Lina. (nia)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel