141 Rabu, 09 Oktober 2013 | 08:40:19

Santai dan Harmonis di Ruang Duduk

santai-dan-harmonis-di-ruang-duduk

RUANG duduk merupakan tempat paling privat yang ada dalam sebuah hunian. Di tempat ini keluarga sering berkumpul, bercengkerama, hingga berdebat. Tak jarang di ruang ini pun ditempatkan segala barang favorit dari masing-masing anggota keluarga dan akibatnya ruangan ini menjadi sesak dan penuh.

Untuk menyiasatinya, dibutuhkan sedikit kiat cerdik dalam menata dan menyimpan barang atau pernak-pernik keluarga. Sehingga dapat memperkaya tampilan, sekaligus menambah nilai kekeluargaan di rumah. Desainer interior Imelda Akmal dalam bukunya Seri Rumah Ide Menata Rumah memberikan ide-ide menarik untuk menata ruang duduk keluarga. Simak ulasannya yang dikutip berikut ini.

1. Gunakan meja berkaca bening
Meja yang permukaannya terbuat dari kaca bening dan rangka metal tipis memberi kesan ringan sekaligus sophisticated. Pilih meja seperti ini untuk melengkapi ruang duduk Anda yang mungil. Kesan transparannya membuat ruang terasa lebih lega.

2. Daybed untuk semua
Ruang duduk kerap menjadi tempat berkumpul keluarga sembari menonton TV. Agar acara menonton menjadi lebih akrab dan menyenangkan, coba ganti sofa biasa dengan day bed beralas kasur. Modelnya dapat Anda sesuaikan dengan gaya interior hunian. Sementara itu, sebaiknya pilih kain pembungkus kasur yang agak gelap agar tidak mudah kotor.

3. Pajangan karya seni
Ruang duduk adalah tempat Anda memajang sebagian besar artwork atau pernik kesayangan yang lain. Coba alternatif lain dalam memajang bingkai foto, yaitu dengan tidak menyertakan foto didalamnya, melainkan memakai bingkainya saja. Gantung di dinding berwarna atau sandarkan di ambalan, lalu pasangkan dengan pernik lain. Kehadirannya membuat mangkuk biasa pun terlihat lebih apik.

4. Bangku panjang yang nyaman
Bosan dengan model sofa dan kursi yang begitu-begitu saja? Buat bench atau bangku panjang yang bagian bawahnya berfungsi sebagai lemari penyimpanan. Supaya nyaman diduduki, lengkapi bagian atas bench dengan alas empuk seperti bantal atau alas duduk khusus.

5. Furnitur serbaguna
Manfaatkan benda-benda yang ada di sekitar Anda sebagai furnitur serbaguna. Tong kayu dengan tutup bisa dijadikan tempat penyimpanan yang unik. Sementara keranjang rotan jika diberi tutup juga bisa difungsikan sebagai side table.

6. Lemari pajangan barang favorit
Penyimpanan menjadi problem di hampir setiap hunian. Untuk mengatasinya, sediakan lemari built-in besar di sepanjang dinding ruang duduk. Lemari tinggi yang massif akan menyembunyikan kesemrawutan barang-barang milik Anda dan anggota keluarga.

7. Coba gaya berbeda
Bosan dengan model coffee table, bench atau bangku berbahan kayu solid ini bisa menjadi alternatif yang tidak membosankan.
(NJB)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel