84 Selasa, 15 Oktober 2013 | 08:33:32

Tips Sederhana Merenovasi Rumah

tips-sederhana-merenovasi-rumah

Merenovasi rumah tidak perlu menghabiskan dana besar. Banyak kiat sederhana yang dapat diaplikasikan saat memperbaiki atau memperindah ruang hunian, di antaranya :

1. Fungsi Lain Selotip
Memaku di dinding kerap menimbulkan masalah baru. Paku terpasang kuat, tetapi dinding di sekitar akan retak. Untuk mengatasinya, tempelkan selotip di area dinding yang hendak dipaku. Selanjutnya, Anda dapat mulai memasang paku di dinding yang telah dialasi tersebut. Alhasil, paku terpasang baik dan dinding di sekitarnya tidak retak. Lepas selotip secara perlahan agar cat tak ikut terkelupas.

2. Ruang Terkesan Luas
Sadarkah Anda bila ruang yang sempit bisa terkesan luas bagi penggunanya secara psikologis? Kiatnya, tutup tembok Anda dengan cat berwarna terang, seperti putih gading, pastel, pink, maupun hijau pucat. Letakkan cermin besar di salah satu sisi ruang. Kiat tambahan, gunakan perabot berukuran lebih rendah dari pandangan mata atau bentuk cenderung horizontal.

3. Pelumas dari Minyak Jelantah
Minyak jelantah adalah minyak goreng bekas pakai. Sebelum membuangnya, cek engsel pintu, jendela, lemari, kunci gembok, bahkan rantai sepeda. Apabila berderit dan agak macet, oleskan minyak jelantah pada bagian yang berderit hingga tidak lagi berbunyi saat dibuka-tutup. Pastikan minyak jelantah bukan sisa menggoreng lauk-pauk yang umumnya meninggalkan bau amis.

4. Mengecat Tangga
Saat mengecat tangga, lakukan secara berselang-seling pada anak tangga kesatu, ketiga, kelima, dan seterusnya agar tangga masih dapat dilewati meski cat belum kering atau Anda masih mengerjakannya. Setelah cat mengering, baru cat anak tangga kedua, keempat, keenam, dan sisanya.

5. Alternatif Terpentin
Terpentin sering kali digunakan untuk membersihkan noda cat. Namun, jika kulit Anda yang terkena percikan atau tumpahan cat, gunakan minyak zaitun sebagai alternatif. Selain dapat membersihkan noda, minyak zaitun dapat menghaluskan kulit. Pilihan lain, keju atau margarine bisa juga digunakan untuk membersihkan noda cat yang mesih baru di kulit.

6. Kuteks Mengilapkan Gagang Pintu
Gagang pintu (handle) berwarna emas lebih mudah pudar jika terlalu sering digunakan. Ada trik menarik untuk menjaga kilau warna handle, sekaligus membuatnya awet. Oleskan cat kuku (kuteks) berwarna bening secara merata, lalu diangin-anginkan. Pastikan kuteks benar-benar telah kering sebelum handle pintu dipasang.

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel