122 Jum'at, 18 Oktober 2013 | 07:52:38

5 FAQ Tentang Pencahayaan untuk Desain Interior Hunian

5-faq-tentang-pencahayaan-untuk-desain-interior-hunian

Pencahayaan merupakan bagian yang penting dalam desain interior hunian tapi seringkali luput dari perhatian Anda. Padahal pencahayaan berperan sangat besar dalam menciptakan suasana dan mood dalam ruang huni Anda. Berikut ini adalah 5 pertanyaan yang bisa menjadi guide line Anda dalam menentukan pencahayaan yang bagaimana yang baik untuk rumah huni Anda.


1. Bagaimana cara menggunakan pencahayaan untuk menciptakan ilusi ruang yang lebih besar di rumah saya?

Pada dasarnya ukuran ruangan akan tetap sama, tetapi Anda dapat membuat ilusi ruangan tampak lebih besar dengan menambahkan beberapa lampu, uplights dan pencahayaan tersembunyi. Menginstal beberapa pencahayaan kecil dalam kabinet atau rak buku juga bisa membantu menciptakan ilusi ruangan lebih besar.



2. Apa jenis pencahayaan yang harus saya gunakan pada dapur rumah saya?

Dapur adalah daerah yang memerlukan banyak pencahayaan karena sensitivitas dan banyaknya kegiatan yang terjadi di sana. Anda harus memiliki pencahayaan utama yang dapat menerangi seluruh bagian dapur. Pencahayaan tambahan di bawah kabinet pantry juga dibutuhkan untuk menerangi area kerja dalam dapur.


3. Haruskah setiap kursi memiliki lampu baca?

Hal ini biasanya dianjurkan tetapi mungkin tidak praktis untuk berbagai alasan. Sebuah lampu untuk sebuah sofa mungkin terlalu berlebihan. Namun, Anda bisa memberikan standing lamp di ujung kanan kiri sofa untuk penerangan sekaligus sebagai aksesoris untuk ruang tamu atau ruang keluarga Anda.


4. Bagaimana caranya agar lampu bisa membantu mencerahkan ruangan yang didominasi warna gelap?

Warna gelap biasanya memberikan kesan yang hangat dan mengundang tetapi warna gelap juga cenderung memberikan kesan dark yang berat dalam ruangan. Solusinya, Anda bisa menambahkan warna aksen seperti putih, kuning dan oranye untuk aksesoris dalam ruangan. Kemudian berikan pencahayaan yang hangat di beberapa tempat yang tersembunyi seperti di balik rak atau di dalam kabinet. Berikan indirect lighting untuk menciptakan suasana yang lebih hangat dan nyaman. Penggunaan lampu sorot yang menyala di daerah tertentu seperti lampu sorot untuk lukisan juga bisa ditambahkan untuk penerangan ekstra.



5. Bagaimana saya bisa menggunakan pencahayaan untuk memberikan kesan yang hangat pada ruangan?

Pertama, Anda harus menambahkan warna yang kaya dan hangat sebagai aksen pada ruangan. Pilih warna dengan tone coklat misalnya untuk bantalan sofa di ruang keluarga atau ruang tamu, lampu atau aksesoris ruangan berwarna kuning di kamar tidur. Selanjutnya, pilih lampu yang memberikan kesan hangat yaitu lampu yang berwarna kekuningan. Tambahkan juga beberapa lampu meja sebagai aksen dalam ruangan untuk memberikan penerangan tambahan dan kesan yang hangat.

Sumber : desain Interior

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel