168 Minggu, 08 September 2013 | 09:44:24

Jika Mau Hemat Mengecat Tembok Baru Tak Boleh Asal

jika-mau-hemat-mengecat-tembok-baru-tak-boleh-asal

Mengecat dinding tembok yang masih baru butuh kesabaran. Melalui proses tepat, hasil pengecatan yang terbaik bisa diperoleh. Proses yang salah berbuah pemborosan

Tembok baru yang sama sekali belum pernah dicat biasanya memiliki banyak pori-pori. Ada yang besar, ada yang kecil. Seperti halnya pada batu atau kayu, pori-pori dapat meresapkan benda cair yang ada pada permukaannya. Begitu juga halnya pada dinding. Jumlah pori-pori yang banyak dapat meresapkan cat ke dalam tembok. Akibatnya, volume cat yang digunakan pun bertambah banyak.

Agar hemat cat, sebelum pengecatan, gunakan sealer tembok water-base  atau solvent-base  yang berkualitas baik. Sealer  membuat permukaan tembok halus, rata, dan mengurangi pori-pori pada dinding.

Pada pengecatan tembok baru atau yang berumur kurang dari satu tahun, sebelum pengecatan, perhatikan dua faktor ini:

Kelembapan di dalam tembok yang berasal dari pencampuran bahan dasar sebelumnya, dan Derajat alkali/garam dari bahan dasar.


Dua masalah tersebut akan berkurang seiring berjalannya waktu dan pengaruh cuaca. Namun jika Anda tidak dapat menunggu, perhatikan dua hal berikut:

Hindari penggunaan cat minyak atau lateks vinil langsung pada tembok yang berumur kurang dari satu tahun. Terlebih lagi jika dinding masih belum dilapis dengan sealer tembok alkaline-resistant. Sealer alkali ini berfungsi untuk mengurangi kadar garam/alkali pada dinding. Garam/alkali memiliki pengaruh negatif terhadap cat. Keduanya akan merusak keutuhan film dan memudarkan warna lebih dini.


Untuk pengecatan awal, bisa juga digunakan cat lateks akrilik 100%. Jenis cat ini lebih tahan terhadap pengaruh alkali/garam dibandingkan cat alkid dan cat lateks vinil. Jika perlu bisa diaplikasikan pada tembok yang relatif baru tanpa pemakaian sealer lebih dulu. Namun pemakian sealer tetap dianjurkan untuk tembok yang berumur kurang dari satu bulan.


Foto: iDEA/Dean Martin Saerang
 
Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel