120 Minggu, 01 September 2013 | 09:43:00

Inilah Cara Menghindarkan Kayu dari Cidera

inilah-cara-menghindarkan-kayu-dari-cidera

Kayu bisa digunakan di mana saja dan bisa dibentuk sesuai selera. Memang sekarang ini penggunaan kayu solid  mulai dikurangi, terkait dengan isu lingkungan.

Menyebut nama kayu, biasanya orang terpaku pada jati. Padahal selain jati, banyak jenis kayu lain yang sekeras dan sekuat jati. Misalnya, kayu kelapa. Kayu ini banyak digunakan di daerah pantai, seperti Bali dan Lombok. Selain seratnya unik, kayu ini juga kuat dan tidak terlalu disukai rayap. Dari sisi lingkungan, kayu kelapa tergolong ramah. Kelapa mudah tumbuh di mana saja, sehingga tak mudah punah.

Alternatif lain, kayu besi. Kayu ini juga tergolong kayu keras. Saking kerasnya, kayu besi dipergunakan untuk bantalan rel kereta api.

Desainer interior Yogie Candra Bhumi menjelaskan, "Kayu besi sifatnya kuat dan tahan perubahan cuaca. Cocok digunakan untuk teras atau kamar mandi." Tidak dirawatpun kayu besi dapat kuat bertahan untuk jangka waktu lama. Namun tentu sayang kan, kalau kayu yang semakin hari kian langka itu harus rusak begitu saja karena tak dirawat.

Nah, supaya kayu (dalam hal ini elemen bangunan yang terbuat dari kayu) berusia lebih panjang, maka berikan perlakuan khusus padanya.

Arsitek Ir. Warsoadhi Dhonomidjojo mengatakan, "Kayu tidak akan kusam atau rapuh kalau tidak terkena perubahan cuaca." Jadi, selama kayu tak terpapar hujan dan sinar matahari terus menerus, usianya bisa lebih panjang.

Selain menghindarkan kayu dari terpaan cuaca langsung, kayu juga perlu di-coating . Langkah ini lebih bertujuan untuk mempertahankan tampilan permukaannya. Peng-coating-an ini tak perlu sering dilakukan. Cukup setahun sekali, atau ketika tampilannya sudah mulai kusam.

Cara lainnya adalah hindarkan kayu dari benturan dengan benda tajam atau gesesak langsung dengan benda lain. Benturan dan gesekan yang berlangsung terus-menerus dapat mencederai kayu, hingga merusakkannya.

Ya, begitulan kira-kira cara membuat kayu lebih tahan lama. Silahkan dicoba!

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel