122 Jum'at, 06 September 2013 | 05:40:27

Begini Seharusnya Lift Canggih Berfungsi

begini-seharusnya-lift-canggih-berfungsi

Lift atau elevator dewasa ini bukan sekadar wahana transportasi vertikal dalam gedung, tetapi juga dapat melakukan fungsi-fungsi lain.

Sebastianus Obbie Kristianto, Director of New Installation PT Berca Schindler Lifts menjelaskan, produk lift canggih dewasa ini lebih ramah lingkungan, bahkan sebagian dapat menghasilkan energi.

Pada saat car atau ruang penumpang turun dengan kapasitas penuh, lift bisa menghasilkan energi dan menyimpannya di generator. “Hal ini umumnya terjadi pada sore hari saat karyawan pulang kantor,” ujar Sebastianus.  

Selain itu, tambah Sebastianus, lift juga dituntut untuk membantu keamanan gedung. Dengan kartu akses khusus, lift juga akan mengarahkan si pengguna ke lantai-lantai tertentu yang dapat diakses, seperti lantai dimana unitnya berada serta lantai tempat fasilitas umum dan sosial—si pengguna tidak dapat mengakses lantai lain.

“Dengan penggunaan kartu, maka sistem lift dapat mendeteksi si pemegang kartu ada dimana dan kapan. Selain itu sistem juga bisa menghitung jumlah populasi yang ada di masing-masing lantai,” papar Sebastianus.

Menurut Sebastianus, lift canggih juga semestinya dapat melakukan tindakan evakuasi terhadap penghuni gedung, karena memiliki kecepatan angkut yang tinggi.

“Karena sistem lift mengetahui populasi yang ada di setiap lantai, maka secara teori lift dapat menjemput orang yang ada di lantai tertentu sesuai jumlah yang ada di sana,” katanya. “Namun sayangnya peraturan untuk evakuasi ini belum keluar hingga saat ini.”

Anto Erawan

Sumber : Rumah

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel