110 Selasa, 10 September 2013 | 03:45:42

Jangan Kaget Jika Lantai Kamar Mandi Bergerak!

jangan-kaget-jika-lantai-kamar-mandi-bergerak

Jika ubin lantai kamar mandi tidak dipasang dengan benar, akan saling menekan satu sama lain dan akhirnya menggembung (popping)bahkan pecah. Selain di kamar mandi, hal yang sama juga bisa terjadi di ruangan lain seperti kamar tidur. Sebenarnya ada cara-cara preventif yang bisa dilakukan agar risiko ini tidak terjadi.

Pertama, hindari menggunakan ubin berukuran besar. Semakin banyak nat (sambungan antar ubin), kian banyak pergerakan ubin dan kesempatan ubin tersebut untuk memuai atau mengerut. Meskipun Anda memiliki kamar mandi berukuran besar, usahakan tetap menggunakan ubin berukuran lebih kecil. Selain itu, gunakan juga ubin dengan warna terang. Pasalnya, ubin berwarna gelap cenderung menyerap panas dan mengembang lebih banyak ketimbang ubin berwarna terang.

Tidak hanya ubin kamar mandi. Penutup lantai kamar tidur juga berpotensi mengalami hal yang sama. Sekalipun lantainya terbuat dari kayu (hardwood). Khusus untuk lantai kayu, pastikan "lidah" yang mengunci satuan lantai tidak dipenuhi debu, serpihan kayu, atau thinset. Lantai kayu tersebut membutuhkan kesempatan bergerak dan sambungannya pun sebaiknya tidak terlalu ketat.

Kedua, kenali varian ubin yang dipilih. Kaca berekspansi lebih banyak daripada material lainnya. Panel kaca merupakan material yang mampu mengembang dengan cepat ketika terpapar panas.

Ketiga, sebelum memasang ubin sebaiknya Anda juga mengecek kualitas thinset yang akan digunakan. Thinset standar tidak mampu menahan ubin pada kamar mandi dengan steam shower yang memungkinkan terjadinya ekspansi panas yang cepat.

Keempat, ceklah ketidakberesan pemasangan ubin di kamar mandi dengan cara mendengar adanya suara "kopong". Lakukan hal ini sebelum terlambat. Ketuklah permukaan ubin dengan pegangan palu karet yang terbuat dari kayu.

Jika Anda mendengar suara "kopong" dari ubin tersebut, terutama pada ubin yang baru dipasang, kemungkinan besar kerekatan ubin tidak berkualitas baik. Thinset tidak menutup dengan sempurna.

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel