51 Kamis, 26 September 2013 | 11:25:44

Perhatikan Lima Cara Ini Agar Kulkas Awet

perhatikan-lima-cara-ini-agar-kulkas-awet

Kulkas menjadi kebutuhan dasar dapur rumah tangga. Bila kulkas diandalkan untuk menjaga kesegaran bahan makanan, maka penting untuk menjaganya tetap awet.

Kulkas terkadang “ngadat” alias tidak berfungsi baik sehingga makanan yang disimpan mudahbasi. Untuk mencegahnya, perhatikan beberapa tips menjaga kulkas tahan awet, seperti dilansir Realsimple:

Periksa pintu kulkas
Kelonggaran pada kulkas mengakibatkan udara dingin keluar, kulkas pun terbuang energinya sehingga perlu bekerja lebih keras. Selain alasan hemat energi, memperhatikan pintu kulkasjuga bertujuan mencegah kulkas dari pertumbuhan bakteri yang memungkinkannya masuk ke makanan.

Bersihkan kulkas setidaknya dua kali setahun dengan sikat gigi dan larutan baking soda sertaair. Kemudian, periksalah segel pintu kulkas. Bila mudah tergelincir, maka saatnya Anda menggantinya.

Bersihkan kondensor
Kulkas sering kali tidak berfungsi dengan baik karena kotoran pada kondensor, yang letaknyadi belakang kulkas. Untuk membersihkannya, cabut listrik kulkas lalu gunakan sikat.

Jaga suhu kulkas
Usahakan selalu menjaga suhu kulkas antara 2,7 derajat Celsius dan 4,4 derajat Celsius. Sementara, suhu freezer harus selalu berada pada suhu -17 derajat Celsius.

Perhatikan isi kulkas
Kulkas Anda perlu diisi bahan makanan untuk menjaga suhunya. Pasalnya, makanan dan minuman membantu menyerap udara hangat yang mengalir saat Anda membuka kulkas. Kalau tidak ada bahan makanan yang akan disimpan, masukkan saja beberapa botol berisi airminum.

Persiapkan
Seandainya listrik padam, jaga pintu kulkas tetap tertutup dan gunakan bahan makanan di dapur atau pantry bila Anda membutuhkannya. Kulkas yang tidak dibuka selama listrik padamakan menjaga aman makanan di dalamnya selama empat jam. Sementara, freezer akan mempertahankan suhu selama 48 jam jika kondisinya penuh dan 24 jam bila terisi separuhnya.
(ftr)   

 

Sumber : Okefood

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel