167 Selasa, 20 Agustus 2013 | 05:31:57

Tinggal di Rumah Kontrakan Senyaman Rumah Sendiri, Ini Triknya ....

tinggal-di-rumah-kontrakan-senyaman-rumah-sendiri-ini-triknya

Memiliki rumah sendiri bisa jadi merupakan impian semua orang. Sayangnya, hal itu tidak mudah. Selain modal yang cukup, Anda juga perlu memiliki rekam jejak yang baik agar mudah mendapat suntikan dana dari bank. Jika hal ini tidak mungkin dilakukan, Anda masih bisa mengontrak rumah. Lagipula, ini bisa jadi merupakan jalan keluar praktis.

 
Menyewa rumah, apartemen, atau kos-kosan dalam jangka waktu tertentu tidak selamanya sama dengan membuang uang. Hunian sementara tersebut bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. 

Berikut ini beberapa pilihan perbaikan dan dekorasi yang bisa dilakukan pada rumah kontrakan  Anda:
 
Kuncinya adalah bekerja sama dengan pemilik rumah. Bicaralah dengan penuh kesopanan, terutama ketika Anda ingin meminta sesuatu, entah itu hanya mengganti lampu atau bahkan mengganti jendela yang rusak parah. Hindari melontarkan pernyataan-pernyataan menghina atau menyalahkan pemilik rumah.

Selain itu, pastikan juga Anda sudah melakukan semua kewajiban dengan disiplin. Bayar sewa rumah tepat waktu setiap bulan. Rawatlah properti tersebut dengan tidak memperlakukannya secara sembrono. 
 
Anda juga perlu mengetahui hukum-hukum seputar kegiatan kontrak (sewa) properti. Jika  mengetahui hukum dengan pasti, Anda bisa melakukan kewajiban sekaligus menuntut hak kepada pemilik rumah.
 
Sebelum meminta bantuan pemilik memperbaiki rumah, atau memasangkan berbagai keperluan, pastikan penambahan tersebut juga memberikan keuntungan baginya. Penting mengetahui perbaikan jenis apa yang bisa membuat rumah tersebut menarik bagi penyewa selanjutnya dan perbaikan yang hanya sesuai dengan selera Anda.

Jangan lupa, jika Anda menawarkan diri mengerjakan berbagai proyek di rumah kontrakan, pastikan memberikan contoh-contoh hasil karya sebelumnya pada pemilik. Tentu, agar sang pemilik rumah mengizinkan.
 
Untuk meminta izin, ketahui posisi Anda terlebih dulu. Ada perbedaan antara penyewa jangka pendek dan jangka panjang. Umumnya, pemilik rumah akan mengizinkan penyewa jangka panjang menambahkan beberapa fitur untuk kenyamanannya tinggal di rumah tersebut.
 
Selain itu, juga memiliki kesempatan untuk meyakinkan pemilik dalam mengganti, menambah, atau mengurangi pencahayaan di rumah. Kemungkinan besar, Anda bahkan bisa meyakinkan pemilik menyewa ahli untuk menggantikan lampu-lampu tersebut.
 
Begitu juga dengan hal-hal yang berhubungan dengan jendela. Bagi penyewa jangka panjang,   bisa meyakinkan pemilik rumah berinvestasi pada solusi perawatan dan perlengkapan jendela yang sekaligus membuat Anda lebih nyaman. Misalnya, memasangkan kaca film atau mengganti kualitas kaca. Sementara, bagi penyewa jangka pendek, Anda sendiri bisa berinvestasi dengan memasang gorden berkualitas.
 
Biasanya, sebelum pindah ke rumah atau apartemen sewa, pemilik sudah mengecat ulang hunian tersebut. Bila belum, Anda bisa menanyakannya atau mengecat sendiri dengan pilihan warna yang disukai. Sebenarnya, Anda bisa mengajak pemilik rumah berdialog dan memberikan contoh-contoh desain yang baik padanya. Jika Anda penyewa jangka pendek, memasang wallpaper sementara, atau stiker-stiker yang tidak akan meninggalkan bekas pada dinding adalah solusi terbaik.
 
Ada pula beberapa hal non-permanen yang bisa Anda lakukan. Contohnya, untuk urusan lantai, cobalah berinvestasi sendiri dan membeli area rugs. Car ini menambah kenyamanan Anda tanpa perlu mengganti lantai. Untuk kamar mandi, ganti gorden jendela dan pasang beberapa perlengkapan yang bersifat non-permanen. Bila perlengkapan mandi rusak seperti keran atau shower, Anda juga bisa membeli dan menggantinya sendiri. Namun, jangan lupa menghubungi pemilik rumah.

Terakhir, gunakan tanaman-tanaman dalam pot untuk memperindah interior maupun eksterior. Terutama, jika Anda hanya menyewa dalam waktu singkat dan tidak diperbolehkan "menggarap" halaman rumah.
 
Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel