216 Senin, 12 Agustus 2013 | 02:46:09

Keistimewaan Furnitur Kayu

keistimewaan-furnitur-kayu

Material mentah yang paling umum digunakan untuk furnitur sampai saat ini adalah kayu. Hampir semua jenis furnitur dapat dibuat dari kayu.

Menurut desainer interior Susan Octari Yawhan, kelebihan kayu terletak pada keistimewaan tekstur dan gurat kayu yang bagus dan eksotik. Tak hanya itu, kayu juga mudah dibentuk dan diukir untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Finishing material kayu sendiri sangat beragam mulai melamik dan veneer yang menonjolkan serat kayu hingga duco yang menampilkan warna solid atau lapis taconyang menyerupai serat kayu. Harga furnitur kayu pun sangat beragam atau bergantung bahan baku dan desain yang ditawarkan. Furnitur dari kayu solid bisa dikatakan menempati posisi termahal untuk kelas furnitur kayu.

Kayu utuh yang tidak dibentuk dari sambungan atau gabungan, itulah yang disebut dengan kayu solid. Biasanya material yang digunakan sebagai furnitur kayu jati, sungkai, nyatoh, dan jati belanda. Selain itu, kita juga mengenal kayu lapis dengan sebutan plywood atau multipleks.

"Sesuai dengan namanya, kayu lapis terbentuk dari beberapa lapis lembaran kayu. Lembaran-lembaran tersebut lalu direkatkan dengan tekanan tinggi dan menggunakan perekat khusus" ujarnya.

Kayu lapis yang terdiri atas tiga lembar kayu disebut multipleks. Kayu lapis ini bisa digunakan sebagai material untuk kitchen set, tempat tidur, lemari, ataupun meja.

"Sebenarnya plywood diproduksi karena banyak kebutuhan akan material furnitur yang menggunakan papan lebar, kalau dibuat menggunakan kayu solid terlalu memakan material yang banyak' kata Susan.

Jangan selalu terpaku pada penggunaan furnitur kayu. Bila ingin tampilan interior yang terlihat lebih minimalis, penggunaan furnitur metal bisa dijadikan alternatif pilihan. "Bahan metal memiliki kelebihan di kekuatannya. Biasanya, bahan metal dikombinasikan dengan bahan furnitur lain seperti plastik dan kayu" ungkapnya.

Ada juga furnitur berbahan plastik. Nah, untuk furnitur yang satu ini memang diproduksi secara pabrikkan. Pada mulanya mungkin Anda melihat furnitur plastik lebih sering digunakan sebagai pelengkap di warung makan, tapi sekarang furnitur plastik juga sudah memiliki perkembangan desain.

"Untuk furnitur plastik pemakaiannya memang sering digabungkan dengan penggunaan material stainless ataupun aluminium. Furnitur ini juga bisa dijadikan pelengkap untuk kursi santai di teras, dan di ruang makan" kata Susan.


Sumber: Okezone Property

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel