166 Rabu, 24 Juli 2013 | 02:42:25

Bersih-Bersih Panci dan Wajan

bersih-bersih-panci-dan-wajan

Bagaimana memperlakukan panci dan wajan yang kita gunakan untuk mempersiapkan masakan di dapur? Berikut ini beberapa saran yang bisa dicoba.

  • Bila panci atau wajan sudah kusam, jangan buru-buru dibuang. Rebus bayam sampai mendidih dalam peralatan masak tersebut. Biarkan mendidih selama beberapa waktu, baru kemudian matikan api. Panci atau wajan pun akan kinclong  kembali. Hal ini disebabkan karena asam oksalat yang terkandung dalam bayam.
  • Atau buat lauran 1 cangkir air, 2 sendok makanbaking soda , dan ½ cangkir cuka. Taruh laruan ini dalam panci atau wajan yang kusam, rebus selama 10 – 15 menit.
  • Panci alumunium akan berkilau kembali, bila digunakan untuk memasak potongan tomat, apel, atau kentang.
  • Panci dan wajan baru sebaiknya sebelum dipakai, dibersihkan dulu agar kalau sampai bahannya ternyata luntur tidak terkena makanan yang dimasak. Caranya, rebus beberapa helai daun bambu kira-kira selama 1 jam dengan panci atau wajan baru itu. Kalau masih ada lunturan, ulangi proses ini.
  • Panci atau wajan yang berkerak dapat dibersihkan dengan cara menyiramkan larutan garam dan cuka. Dengan cara ini, kerak akan hilang dengan sendirinya.
  • Bila panci atau wajan besi yang lama tidak dipakai, biasanya akan berkarat. Untuk menghilangkannya, gosok dengan sabun dan kentang mentah.
  • Bisa juga mengolesi panci/wajan berkarat dengan minyak goreng dan abu gosok. Setelah itu, gosok dengan sabut sampai bersih. Kemudian, cuci seperti biasa.
  • Agar panci atau wajan besi tidak berkarat, setelah dicuci bersih, olesi dengan minyak goreng. Sebelum disimpan, bungkus dengan plastik. Taruh di tempat yang kering.
  • Untuk menghindari noda hitam melekat pada panci atau wajan, sebaiknya sebelum diletakkan di atas kompor, bagian luar panci dan wajan digosok dulu dengan minyak goreng yang dicampur dengan sabun deterjen, hingga rata. Setelah itu barulah letakkan panci/wajan di atas kompor. Jadi, kita tidak usah susah-susah menghilangkan noda hitam pada panci atau wajan.


Foto   : morgueFile
Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel