111 Senin, 22 Juli 2013 | 05:37:45

Sedot WC Sebelum Mampet, 1 atau 2 Tahun Sekali!

sedot-wc-sebelum-mampet-1-atau-2-tahun-sekali

Gaya hidup sehat berawal dari rumah. Pengelolaan limbah rumah tangga yang baik adalah salah satunya.
 
Banyak orang yang hingga 10 tahun juga belum menyedot septic tanknya. Padahal, ini sangat berdampak buruk pada kebersihan air mereka.
-- Robert
 

 

Tak perlu menunggu WC mampet, ada baiknya Anda menyedot septic tank secara rutin. Untuk lebih mengetahui tentang informasi penyedotan WC, kami menyempatkan diri mengunjungi tempat pembuangan limbah yang berada di Duri Kosambi, Jakarta Barat. Kami pun menemui salah satu petugas suku dinas kebersihan Jakarta yang bernama Robert.

"Banyak orang acuh tak acuh untuk masalah septic tank," ujar Robert mengawali pembicaraan.

"Banyak orang yang hingga 10 tahun juga belum menyedot septic tank -nya. Padahal, ini sangat berdampak buruk pada kebersihan air mereka," tambah Robert.

Menurut Robert, waktu penyedotan septi tank yang baik adalah 1 hingga 2 tahun sekali. Menurut Suhardi, salah satu petugas jasa sedot WC yang kami temui di lapangan, harga jasa sedot WC berbeda-beda.

"Harga jasa sedot WC bisa tergantung besarnya tangki pada truk. Ada truk yang menampung limbah dengan kapasitas 2, 4, hingga 6 per meter kubik," ujar pria yang sudah bekerja di bidang sedot WC sejak tahun 1989 ini.

"Kalo dilihat dari Perda pemerintah, biaya retribusinya ada Rp 75 ribu per meter kubik. Tapi, kalau di swasta tergantung negosiasi, biasanya patokannya antara Rp 75 ribu hingga Rp 100 ribu per meter kubik," tambah Robert.

Kenyataan di lapangan, ada juga yang langsung mematok harga per mobil. Biasanya pihak swasta mematok harga Rp 300 ribu per satu mobil.

Kebersihan dan kesehatan memang menjadi faktor terpenting di rumah. Karena itu, sebaiknya Anda mulai memperhatikan isi limbah septic tank Anda, sebelum air limbah tersebut mencemari air bersih di rumah Anda.

Semoga bermanfaat!

 


Sumber: Kompas Property.

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel