299 Selasa, 16 Juli 2013 | 11:46:55

Menghentikan Serangan Hama di Rumah Anda

menghentikan-serangan-hama-di-rumah-anda

Serangga dan hama adalah kata-kata yang cukup untuk menggambarkan sekelompok mahluk hidup yang kebanyakan orang jijik dan takut. Bentuk tubuh mereka yang aneh, antena kecil mereka, dan juga kemampuan mereka untuk hilang lalu muncul kembali di saat yang tak terduga merupakan alasan yang cukup untuk membuat kita loncat-loncat disekitar mereka.

Meskipun beberapa serangga memiliki fungsi yang berguna, seperti lebah yang mengumpulkan serbuk sari bunga dan memberikan kita madu, serangga lainnya tidak memiliki fungsi lain selain menyebarkan penyakit dan membuat kita takut.

Walaupun kebanyakan serangga mudah untuk dibunuh, yang perlu dikhawatirkan jika ada seekor serangga muncul dirumah anda adalah, biasanya itu berarti ada sebagian lagi dari mereka yang masih bersembunyi di sudut-sudut dan celah-celah kecil. Mereka biasanya keluar dari tempat persembunyian mereka saat cuaca sedang hangat dan lembab, hal ini menjadikan Singapur tempat yang cocok untuk para serangga berkembang-biak.

Nyamuk demam berdarah adalah jenis hama yang paling sering kita perangi, tetapi semut, lalat dapur, dan kecoa adalah jenis-jenis yang tidak kalah bermasalah. Untuk membasmi mereka, anda perlu mencari tahu terlebih dahulu darimana serangga-serangga ini masuk kerumah anda, agar anda bisa segera menutupnya aksesnya.

Tanpa kita sadari, tempat tinggal kita sebenarnya penuh dengan pintu masuk bagi serangga. Pipa yang terbuka, pipa yang sudah tua, celah kecil pada tempat sampah, jendela yang tidak tertutup rapat, dan jarak antara pintu dan lantai merupakan celah yang cukup besar untuk para serangga masuk kerumah anda dan berkembang-biak didalamnya.

Langkah yang paling digemari oleh penduduk kota adalah memilih tempat tinggal didataran yang setinggi mungkin. Mungkin ini berhasil untuk beberapa kasus, tetapi curah hujan yang tinggi beberapa tahun belakangan ini telah membawa serangga, terutama kecoa, terbang ke dataran yang lebih tinggi dan berkembang-biak di ketinggian tersebut. Mahluk yang mengganggu ini dapat bertahan dalam keadaan apapun (termasuk serangan nuklir), jadi hujan lebat sekalipun tidak menjadi ancaman untuk mereka, karena kelebihan yang mereka mereka miliki pada insting bertahan mereka.

Di apartemen perkotaan, memerangi serangga butuh usaha yang lebih, karena anda tidak dapat membuat semua orang untuk memiliki tingkat kebersihan yang tinggi, jadi yang bisa anda lakukan hanyalah membangun sendiri tembok pertahanan anda.

Perang Melawan Serangga: Tinggalkan Jejak Kimia

Orang-orang Barat menanam bunga seperti chrysanthemums dan lavender di taman mereka untuk menjauhi para serangga. Walaupun kebanyakan warga Singapur tidak memiliki taman dirumahnya dan mempunyai keinginan untuk menanam bunga-bunga tersebut, anda bisa mencari cara lain.

Walaupun tidak seampuh semprotan serangga, minyak lavender yang dicampur sedikit air didalam semprotan kosong dapat cukup membantu. Anda dapat menyemprotkannya di tanaman anda, atau tempat dimana serangga sering terlihat, dan serangga akan menjauhinya. Tidak seperti semprotan serangga berbahan kimia yang dapat merusak tanaman anda, lavender tidak berbahaya. Pastikan semprotan anda terbuat dari bahan alami, karena semprotan serangga yang alami jauh lebih efektif untuk situasi apapun.

Dan jika anda ingin menanam bunga lavender atau chrysanthemums dirumah anda, letakkanlah ditempat serangga biasanya masuk, seperti di jendela atau dibawah tempat pencuci piring.

Jangan Beri Musuh Anda Makanan

Serangan hama dirumah merupakan hal yang mengerikan. Hal ini sangatlah tidak nyaman, terlebih jika anda memiliki anak dirumah, hal ini bisa jadi membahayakan. Serangga dapat menyebarkan penyakit dan beberapa gigitan serangga bisa jadi beracun, walaupun sebagian lainnya hanya menimbulkan bengkak dikulit.

Meskipun serangga seringkali berpindah-pindah tempat, anda perlu tahu, bahwa dengan meninggalkan makanan terbuka begitu saja, anda akan menarik perhatian sekelompok semut.

Dan jika anda benar-benar beruntung, hanya akan ada semut dipiring makanan anda.

Simpanlah makanan anda di kulkas atau di laci dapur yang tertutup rapat, kecuali makanan anda sudah tersimpan di dalam botol kemasan seperti Nutella. Jika anda memang harus meninggalkan buah-buahan seperti apel dan pir diluar kulkas atau lemari, taruhlah buah-buahan anda di dalam mangkuk yang dikelilingi oleh air. Tidak hanya menjaga kelembaban dan kesegaran buah-buahan anda, tetapi juga untuk menghindarinya dari semut. Serangga yang terbang merupakan kasus yang lain lagi.

Kosongkanlah lemari dapur anda setiap sebulan sekali untuk memeriksa adanya celah atau lubang. Aroma minyak lavender dapat menyebar sangat cepat, jadi jika anda memiliki bunga dengan wewangian yang dibenci serangga (seperti chrysanthemums), maka lemari gelap anda merupakan lokasi yang tepat.

Bersihkanlah meja dapur anda dengan air dan sabun setiap kali anda selesai masak atau menyantap makanan. Ini akan mengurangi aroma makanan yang tersebar diruangan. Tetapi ingat, bukan berarti jika anda tidak dapat mencium baunya, serangga juga tidak bisa.

Anda dapat mengecoh perhatian serangga dengan cara menggantikan aroma makanan tersebut dengan wewangian segar seperti sabun.

Kembali ke Tempat Gelap

Semakin gelap rumah anda, serangga akan semakin menyukainya. Jika anda memiliki banyak lemari, sudut-sudut ruangan yang gelap, meja kayu yang besar dan gelap, tembok dengan warna gelap, dan ruang sekitar anda berantakan, sudah pasti anda telah berbagi ruang hidup anda dengan berbagai macam jenis serangga yang menyeramkan. Beberapa mungkin sudah anda lihat, sebagian lainnya mungkin kehadirannya tidak anda sadari sama sekali!

Serangga sangat menyukai tempat-tempat gelap untuk bersembunyi dan muncul untuk menakuti anda, jadi berilah warna-warna yang cerah untuk tembok gelap anda. Hanya saja, hindari warna merah, karena melihatnya sepanjang hari dapat membuat anda benar-benar buta.

Dan kuning, karena beberapa jenis serangga justru tertarik dengan warna tersebut.

Hindari juga perabotan-perabotan rumah yang gelap. Apartemen-apartemen di kota memiliki ruangan yang cukup kecil untuk sebuah meja coklat tua menyerap seluruh sinar diruangan, kecuali anda memiliki rumah dengan ruangan yang luas.

Jagalah rumah anda untuk tetap terang dengan pencahayaan yang cukup, dan masalah hama dirumah anda akan berkurang.

B untuk Borat dan ini Cukup untuk Saya

Jika anda memiliki asam borat ditangan anda, berarti anda telah memiliki pembunuh yang lebih efisien daripada Jason Bourne. Asam borat adalah serbuk putih yang didapat dari abu gunung berapi, dan serbuk ini membunuh serangga dengan cara mengeringkan tubuh mereka. Jika anda memilikinya, taburkan sebagian kedalam pipa anda, dan ke beberapa tempat serangga sering terlihat.

Anda juga dapat menaburkannya dibelakang lemari, kulkas, dan tempat-tempat lain yang sulit anda jangkau. Anda mungkin akan membangun area pekuburan untuk para kecoa dibelakang lemari anda sesudah itu, jadi akan lebih baik lagi jika anda menghubungi pembasmi hama tiap dua bulan sekali untuk hasil yang lebih cepat dan bersih.

Serangga adalah hama dan mereka sulit untuk dibasmi, jadi yang terbaik yang dapat anda lakukan adalah untuk mencegah atau mengurangi jumlah serangga yang masuk kerumah anda dengan langkah-langkah yang diperlukan. Anda dapat mencegah semut untuk membangun sarang dirumah anda dengan menghilangkan aroma makanan yang tertinggal ruangan, dan nyamuk dapat dihentikan dengan cara memastikan bahwa tidak ada genangan air dimanapun didalam rumah, maupun didalam pot tanaman anda.

Anda dapat mengusir kecoa dengan menjaga rumah anda agar tetap terang, tertutup rapat, bersih, dan bebas dari sampah.

Jika anda tinggal didalam rumah, jagalah kebersihan taman anda, dan jika anda memiliki pohon didalam taman anda, anda dapat memotong pohonnya atau menjaganya agar tidak tumbuh terlalu liar. Jagalah hunian anda tetap bersih, begitu juga dengan apartemen. Anda harus lebih sering lagi membersihkannya.

Saat perang dengan serangga, pilihannya hanya anda atau mereka. Mereka mungkin menakutkan bagi kita, tetapi kita telah mengembangkan alat perang berbahan kimia selama bertahun-tahun dan ini dapat kita manfaatkan dengan baik.

Tutup lubang hidung anda rapat-rapat dan mulailah menyemprot.

Ditulis oleh: Christopher Chitty

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel