261 Senin, 28 September 2015 | 06:12:59

Gaya Rumah Islami Indah dan Sederhana

gaya-rumah-islami-indah-dan-sederhanawordpress 5

Pada umumnya masyarakat yang beragama islam sebaiknya untuk menerapkan syariat ajaran islam di dalam desain rumahnya. Disamping  bertujuan untuk memperoleh desain rumah yang bagus tetapi tetap berdasarkan  syariat Islam. Membangun rumah berdasarkan syariat Islam hanya semata untuk mencari ridha dan pahala dari Allah SWT.

Dalam rangka menyambut datangnya Tahun Baru Islam (1 Muharram 1437 H) maka tidak ada salahnya jika kita mendesain rumah kita dengan gaya yang lebih Islami. Adapun yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut:

• Memperhatikan Luas Rumah
Islam mengajarkan untuk membangun rumah yang luasnya cukup. Dalam artian rumah tersebut  tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.  Memiliki rumah yang terlalu besar akan memberikan kesan  rumah yang megah dan mewah. Sedangkan Allah tidak menyukai  umatnya untuk hidup bermegah-megahan, dan telah dicatat  dalam kitab suci Al Qur’an Surat At Takaasur. Rumah yang memiliki luas yang  cukup dikatakan sebagai rumah yang sederhana sehingga dapat  membuat nyaman penghuni yang menempati rumah tersebut. Namun beda artiannya dengan rumah yang berukuran sangat sempit sehingga tidak akan membuat nyaman para penghuni rumah tersebut.  Disamping itu, rumah yang memiliki luas cukup dapat memudahkan dalam berinteraksi dengan tetangga. Beda dengan rumah yang memiliki ukuran  sangat luas dan besar, justru akan membuat para penghuninya larut di dalam rumah sehingga malas untuk  berinteraksi dengan tetangga.

• Memperhatikan Kebersihan Rumah
Kebersihan dalam Islam adalah hal yang utama sebab kebersihan dalam Islam, merupakan sebagai bagian dari iman. Karena itu, diwajibkan bagi umat Islam untuk menjaga kebersihan rumah, agar rumah selalu terlihat bersih dan indah. Rumah yang kotor akan menjadi  sarang penyakit dan dapat membahayakan kesehatan Anda juga  para penghuni rumah yang lainnya, oleh karena itu jangan malas untuk membersihkan rumah. Bersihkan rumah secara rajin, rutin dan teratur.

• Memperhatikan Taman Rumah
Menjaga kelestarian dan keindahan taman adalah merupakan ajaran dalam Islam juga karena tumbuhan yang ada di taman rumah juga merupakan ciptaan Allah oleh karena itu jagalah keindahan taman rumah Anda dengan baik. Apabila dirumah  Anda tidak memiliki taman rumah, bisa juga Anda untuk menanam tanaman di dalam pot. Menanam pohon adalah merupakan salah satu anjuran yang di ajarkan dalam Islam. Sebagaimana yang disebutkan dalam kitab suci Al-Qur’an bahwa di surga terdapat pohon-pohon yang berbuah dan buah tersebut juga sangat mudah untuk di petik. Jadi jika dirumah Anda memiliki halaman yang cukup luas tidak ada salahnya Anda untuk menanam pohon-pohon yang hijau, berbuah serta meneduhkan.

• Memperhatikan Tata Letak Toilet
Letak toilet di rumah jangan menghadap atau membelakangi arah kiblat dan  usahakan tempat untuk  wudhu terpisah dari toilet. Hal ini untuk menghindari diri dari najis karena berwudhu adalah untuk mensucikan diri sedangkan toilet adalah tempat dimana kita mengeluarkan kotoran.
Demikianlah  tips desain rumah islami yang bagus dan sangat sederhana serta sangat mudah untuk di aplikasikan. Disamping itu sebagai seorang muslim yang baik sebaiknya kita juga harus memuliakan tetangga, sebab memuliakan tetangga adalah merupakan ajaran dalam islam yang sangat penting untuk di praktekkan dalam kehidupan.

Sumber: desainrumahlengkap

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel