61 Rabu, 20 Mei 2015 | 03:55:23

Rumah Ramah Lingkungan Dengan 5 Langkah

rumah-ramah-lingkungan-dengan-5-langkahrumahminimalisanda

Kondisi yang terjadi saat ini memang cukup membuat pusing para ibu rumah tangga. Setelah bahan bakar mengalami kenaikkan lalu di ikuti dengan kenaikkan tarif  listrik  belum lagi harga-harga sembako yang ikut-ikutan melambung. Pastilah Anda akan terus  mencari jalan keluar  agar tetap bisa bertahan hidup dengan hemat tapi sehat.

Untuk menghemat listrik tentu banyak sekali yang dapat Anda lakukan. Memilih aksesoris dan furnitur juga dapat dikatakan sebagai salah satu cara untuk dapat menghemat energi didalam rumah Anda. Didalam memilih aksesoris dan furnitur yang tepat selain dapat menghemat energi juga dapat menciptakan rumah yang ramah lingkungan.

Satu-satunya jalan agar Anda dapat memastikan bahwa lingkungan itu lebih aman dan juga sehat dalam kurun waktu yang cukup lama bahkan hingga bertahun-tahun lamanya adalah memulainya dari dalam rumah Anda sendiri.

Perhatikan  5 langkah untuk terciptanya rumah yang ramah lingkungan yaitu :

1. Produk Hemat Energi

Pilihlah  produk-produk  yang hemat energi , kalau dihitung-hitung memang harga barang-barang ini cenderung lebih mahal daripada yang biasa, tetapi untuk jangka panjangnya produk hemat energi ini cukup menghemat uang Anda.  Produk hemat energi ini dapat digunakan  di dapur, kamar mandi, ruang keluarga, dan ruangan lainnya, sebaiknya Anda memilih produk energi yang efisien dan mudah di temukan di toko furnitur.

2. Jendela

Didalam mencari jendela yang sekiranya dapat hemat energi, harus diperhatikan  beberapa langkah yaitu pahami terlebih dahulu berbagai jenis jendela kaca setelah itu barulah memilih gaya jendela seperti bagaimana jendela tersebut terbuka dan tertutup, serta terbuka bagian samping atau bagian bawah. Langkah  penting dalam   memilih jendela adalah pada saat melakukan pemasangan. Apabila Anda salah memilih jendela maka akan menyebabkan terjadinya rembesan  atau bahkan kebocoran pada waktu musim hujan.

3. Kabinet

Dapur bisa dijadikan salah satu ruangan yang lebih dulu Anda rubah agar terciptanya lingkungan yang ramah dan sehat. Sebagai langkah awal untuk menciptakan dapur yang ramah lingkungan dimulai dari lemari atau kabinet. Didalam lemari ataupun kabinet terdapat banyak zat dan bahan yang digunakan pada saat memproduksi lemari sehingga  dapat mempengaruhi kualitas udara di rumah Anda. Untuk mengatasi ini Anda bisa  mencoba dengan memilih salah satu bahan yang dapat dipasang yaitu berupa  bambu dan papan biokomposit, lyptus, kayu daur ulang, ataupun stock cabinet untuk dapur yang ramah lingkungan. Disamping itu, Anda juga bisa mencari produk yang bersertifikasi, seperti  dari Green Seal atau GreenGuard, tujuannya untuk mengetahui apakah produk tersebut memiliki emisi VOC rendah.

4. Pipa

Pipa adalah salah satu cara terbaik didalam menciptkan rumah yang ramah lingkungan. Bukan hanya dari faktor biaya utilitas pipa hijau yang lebih rendah dalam jangka panjang, namun pipa hijau akan membuat rumah Anda ramah lingkungan. Pipa rumah terdiri dari  berbagai kategori, yaitu berawal dari  drainase dan pipa gunanya sebagai pemanas air, toilet, dan saluran pembuangan utama. Pada proyek-proyek tertentu.

5. Lantai

Apabila Anda adalah seorang yang menyukai lantai kayu, Anda dapat menggunakan lantai kayu keras, seperti engineered wood atau kayu olahan. Kayu jenis ini didalam pembuatannya, membutuhkan kayu jauh lebih sedikit ketimbang kayu keras standar lainnya. Disamping itu, pohon-pohon untuk kayu olahan juga dapat tumbuh lebih cepat jika dibandingkan dengan kayu keras padat lainnya. Anda juga dapat
Mengubah  lantai dengan menggunakan bahan yang berkelanjutan, daur ulang, atau reklamasi demi terciptanya rumah yang ramah lingkungan.

Semoga Manfaat

Sumber : iDEAONLINE

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel