424 Kamis, 12 Maret 2015 | 04:09:34

Membangun Small House di Lahan yang Sempit

membangun-small-house-di-lahan-yang-sempitIlustrasi

Peraturan perencanaan yang mengharuskan memberikan jarak lahan masing- masing seluas tiga m2 diantara tetangga dan struktur baru, membuat kita berfikir bagaimana cara agar dapat menciptakan bangunan yang bagus pada lahan yang sempit

Ada sebuah rumah di Hohenecken, Jerman dibangun dengan lebar hanya tiga meter. Rumah itu didirikan menggunakan kaki- kaki besi diatas gunung berumput.

Hanya terdapat dua kamar dengan panjang 12 m2 dan lebar 3,5 m2 dirumah tersebut. Jika dilihat sekilas dari jalan sekitar rumah tersebut hanya terlihat seperti sebuah rumah yang berbentuk kotak kayu kecil, namun jika masuk kedalamnya akan terlihat sangat luas. Hal tersebut karena terdapat penpanjangan pelana asimetris.

Bangunan tersebut dirancang oleh studio lokal yaitu Architekturbüro Scheder. Adapun barang dan langkah yang harus dilakukan dalam membangun rumah pada lahan yang sempit adalah sebagai berikut :

  1. Agar terlihat biasa namun dalamnya terlihat menakjubkan, bangunan menggunakan papan vertikal yang dicat abu pada seluruh bangunan.
  2. Untuk membuat rata permukaan tanah yang didepan dan belakang, gunakanlah podium silinder yang akan membuat permukaan rumah sejajar dan dapat digunakan sebagai ruang serbaguna.
  3. Untuk jendela gunakanlah jendela lanskap mulai dari dua atap sampai kerangka pemandangan yang akan langsung menghamparkan kondisi diluar rumah.
  4. Buatlah interior yang sederhana pada setiap dinding yang ada diruangan tersebut.
  5. Setelah itu pasanglah dinding kaca pada ruang tamu, sehingga meskipun dengan lahan yang sempit ruangan tersebut akan terasa luas.

Dengan demikian, kita dapat mempelajari bahwa tidak setiap rumah yang didirikan dilahan yang sempit akan menghasilkan rumah yang buruk. Semua itu tergantung dari desain dan pengaturan ruangan yang diatur sedemikian rupa, hingga tercipta bangunan yang menakjubkan.

Oleh sebab itu, jika anda memiliki lahan yang sempit anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut. karena anda dapat menggunakan langkah- langkah diatas untuk menciptakan small house versi anda sendiri dan persiapkanlah dengan cermat.

Selamat mencoba dan semoga anda dapat menghasilkan rumah mungil sesuai dengan keinginan anda.

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel