333 Kamis, 05 Februari 2015 | 03:12:58

Mengatasi Gangguan Serangga Di Rumah

mengatasi-gangguan-serangga-di-rumahhelofriend

Rayap dan semut adalah sejenis serangga yang sering muncul didalam rumah. Rayap dan semut ini tergolong serangga yang bisa merugikan pemilik rumah. Rayap, memakan kayu, buku, pintu, meja dan hampir semua perabotan di dalam rumah bisa dimakan rayap.

Semua orang pasti tau jenis serangga yakni rayap, binatang rayap atau yang sering disebut semut putih ini memiliki nama yang berbeda-beda di tiap daerah didalam menyebut binatang ini. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur rayap disebut Ranggas, di Sumatera disebut anai-anai, daerah Jawa Barat menyebutnya dengan sebutan Rinyuh. Dan dalam bahasa Inggris rayap disebut juga Termites, atau White ants (semut putih).

Rayap, Semut dan Lebah  termasuk kelompok serangga sosial, namun yang menjadi  menarik pada serangga yang di sebut  rayap ini bahwa rayap  tidak bisa hidup sendiri, rayap selalu hidup berkelompok untuk memenuhi  “kebutuhannya” agar dapat terus hidup. Rayap dapat membangun “rumahnya” samapai ke “lorong-lorong” panjang dan sempit.

Rayap dan semut termasuk ke golongan Ordo Hymenoptera, namun yang membedakan antara Rayap dan Semut adalah Rayap membutuhkan makanan kayu (selulosa) sedangkan semut memakan semua jenis makanan yang mempunyai rasa manis seperti gula juga makanan yang banyak mengandung serat. Rayap sering dianggap sebagai hama, karena memakan semua jenis kayu, bahkan rumah dan perabotan yang terbuat dari kayu dapat habis termakan  oleh rayap. 

Semua jenis rayap makan kayu, akan tetapi cara mereka makan  berbeda-beda, ada yang makan dan sekaligus hidup bersarang di dalam kayu, ada yang membuat rumahnya di tanah, ada yang hanya memakan kayu yang hidup (pohon), ada yang hidupnya membutuhkan banyak air, ada juga yang hidup secara “kering”, dan banyak macam lainnya.

Untuk mencegah datangnya pasukan rayap pada rumah Anda adalah,

Menyingkirkan sisa-sisa tumpukan kayu yang tidak terpakai, pohon-pohon mati, akar, disekitar rumah, karena itu merupakan tempat  bersarang rayap.

Gunakan kayu yang “anti rayap” seperti jati, atau kayu yang terlah “dilapisi” bahan anti rayap

Bangun pondasi yang “kebal” terhadap serangan rayap, dengan memberikan campuran anti rayap (banyak dijual di toko bangunan)

Rayap adalah salah satu mahluk yang membantu proses siklus alami. Tidak seperti halnya mahluk hidup lain (termasuk manusia), rayap memiliki kemampuan “mencerna” selulosa. Akan tetapi manusia juga membutuhkan kayu sebagai salah satu penyokong kehidupannya,

Sumber : Perawatan Rumah

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel