333 Selasa, 27 Januari 2015 | 03:04:26

Gorden Indah Dengan Kain Perca

gorden-indah-dengan-kain-percajejaring

Menghias Gorden dengan menggunakan kain perca adalah merupakan seni kerajinan tangan . Untuk menambah ke indahan pada gorden, dapat ditambahkan hiasan pada permukaan kainnya. Dan hiasan tersebut dapat dibuat dari kain perca.

Seni kerajian dengan cara menyulam dengan menempatkan potongan-potongan kain perca yang telah di rancang atau telah di buat polanya sehingga membentuk suatu gambar yang bagus dan unik. Pola yang sudah berbentuk gambar tersebut kemudian di pasang pada selembar kain dengan cara dijahit. 

Menjahitnya boleh di kerjakan dengan tangan ataupun dengan menggunakan mesin jahit, dan cara menjahitnya ikuti seluruh tepi pola gambar yang telah dirancang tadi.
Seni kerajian ini awalnya adalah untuk menambal sebagian kain yang rusak dengan kain yang tersedia namun tetap memperhatikan keindahan dari sambungan kain tersebut. Untuk penempatan dan pemilihan kain harus di perhatikan, warna dan corak pada kain juga harus di perhatikan harus serasi. Karena perpaduan dari warna kain dan corak yang tepat dapat menghasilkan nilai seni yang apik dan menarik.

Dalam perkembangannya, seni perca ini berkembang yakni menambal dengan pola dan corak gambar yang di desain dan di tata rapi pada selembar kain.  Seni ini hampir sama pengerjaannya dengan border dan sulam. Kerajianannya juga tidak hanya pada pakaian namun merambah ke berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya.

Seni perca pada gorden sebaiknya dipasang pada bahan yang polos. Pengerjaannya dibuat dari guntingan bahan yang di bentuk sesuai dengan pola hias yang di inginkan. Cara pemasangannya dapat dikerjakan dengan cara dijahit mesin atau dengan cara di sulam dengan menggunakan tangan. Untuk jahitan mesin biasanya akan terlihat lebih rapi namun dengan cara menyulam hasil akhirnya akan lebih unik dan jelas terlihat nilai seninya.

Sumber : iDEA

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel